Dirut Bulog Akui Beras Bulog Tak Layak Makan

- Selasa, 28 Desember 2021 | 17:17 WIB
Ilustrasi (ImageParty on Pixabay)
Ilustrasi (ImageParty on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Dirut Perum Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengakui dan pernah merasakan buruknya kualitas beras Bulog. Ia sepakat dengan stigma kurang bagus tentang beras Bulog di masyarakat. 

Namun, kini stigma itu perlahan diubah oleh dirinya. Selama ini beras cadangan pemerintah (CBP) disimpan di gudang-gudang Perum Bulog, antara lain untuk disalurkan ke aparatur negara, bencana alam, bantuan sosial dan lainnya.

Pria yang bisa disapa Buwas ini menginginkan agar bisa menyalurkan beras bantuan pemerintah dengan kualitas baik kepada anggota TNI/Polri, selama menjabat di Bulog.

"Saya ingin raih kembali trust kepercayaan Bulog dulu sebagai supplier penyediaan beras pada TNI/Polri. Dulu, zaman saya masih pangkat (awal) masih merasakan beras jatah dari Bulog, karena kesalahannya Bulog nggak menjaga kualitasnya sehingga beras nggak baik untuk konsumsi," katanya dalam konferensi pers di kantor Bulog, Selasa (28/12/21).

Baca Juga: Diejek Tak Perawan, Dua Remaja Putri Aniaya Teman yang Masih 12 Tahun

Penyaluran beras ke sektor hilir memang menjadi masalah besar bagi Bulog karena pasar yang sedikit, maka Bulog harus menghadapi dilema penurunan kualitas beras yang belum terserap. Sehingga Bulog mencoba melakukan maksimalisasi menyalurkan kepada TNI/Polri hingga ASN di Kementerian dan Lembaga.

"Kita akan penyaluran beras Bulog door to door, jadi nggak ada lagi masyarakat ambil jatahnya. Next TNI/Polri dan lain-lain dikirim sesuai alamat, kita kirim kita buktikan dengan 2020 ujicoba sampai kemarin bantuan beras PPKM itu sampai sekalipun Wamena Papua yang begitu sulit sampai," sebut Buwas.

Demi menyalurkan beras lagi kepada TNI/Polri, Buwas sudah melakukan berbagai cara agar pasar hilirnya bisa kembali didapat.

Ia menyatakan bakal memberi beras premium dengan harga medium, pasalnya alokasi gaji TNI/Polri umumnya tidak memenuhi untuk membeli beras medium sekalipun. Sehingga TNI/Polri bisa menerima beras kualitas baik dengan harga terjangkau.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNBC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X