Kemenperin Hadiahkan 8.5 Triliun Rupiah di Provinsi Riau Atas TPT, Berikut 9 yang Masuk Ketegori

- Jumat, 24 Desember 2021 | 11:09 WIB
Ilustrasi (kemenperin.go.id)
Ilustrasi (kemenperin.go.id)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kemenperin (Kementerian Perindustrian) terus berusaha membangun kembali ekonomi negara yang masih dalam proses pemulihan terutama saat pandemi menyerang.

Bahkan Kemenperin bersama membangun cita-cita Making Indonesia 4.0 sebagai industri TPT (Industri Tesktil dan Produk Tekstil).

Disebutkan oleh Kemenperin bahwa usaha TPT yang dikembangkan oleh rakyat memberi dampak yang signifikan dalam kebangkitan ekonomi.

Hal berikut disebut oleh ketua Kementerian Perindustarian Agus Gumiwang saat berkunjung ke Kabupaten Bandung 23 Desember 2021 kemarin.

Agus menyebutkan bahwa TPT menjadi salah satu sumber usaha yang menjadi produktivitas yang mampu memberi keluwesan pergerakan ekonomi di masa pandemi saat ini.

Baca Juga: Walikota Banjar Ditahan Atas Dugaan Korupsi Proyek Demi Kebutuhan Keluarga

"Sebagai sektor padat karya dan berorientasi ekspor, Kementerian Perindustrian bertekad menjaga produktivitas industri TPT. Selama masa pandemi, industri TPT telah berperan penting dalam memenuhi kebutuhan untuk penanggulan dan pencegahan Covid-19 seperti memproduksi masker dan APD," jelas Agus (23/12/2021).

Menperin mengemukakan, kontribusi industri TPT terhadap PDB sektor manufaktur sebesar 6,08% pada triwulan III tahun 2021. Sementara itu, pertumbuhan industri TPT secara triwulanan juga mengalami perbaikan menjadi sebesar 4,27% (q to q) apabila dibandingkan triwulan II-2021 sebesar 0,48%.

Menperin memberikan apresiasi kepada sembilan industri TPT yang melakukan ekspansi, dengan total nilai investasi sebesar Rp2 triliun di Pulau Jawa dan Rp 8,5 triliun di Provinsi Riau. Perluasan usaha ini menandai optimisme para investor industri TPT dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X