Tunggu Perpres, Tahun Depan BBM Jenis Premium Resmi Hilang dari Indonesia

- Selasa, 21 Desember 2021 | 00:34 WIB
Ilustrasi (Skitterphoto on Pixabay)
Ilustrasi (Skitterphoto on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Tinggal menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres), rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium (RON 88) tahun depan bakal dieksekusi.

"Premium tahun depan sudah tidak ada. Tunggu Perpres keluar," ungkap sumber CNBC Indonesia, dikutip Senin (20/12/2021).

Memangnya kenapa sih kok bensin Premium dihapus?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif sebelumnya mengatakan penjualan BBM premium di outlet-outlet atau SPBU Pertamina sudah mulai dikurangi secara pelan-pelan.

"Terkait dengan roadmap BBM saat ini sesuai dengan program Langit Biru Pertamina, outlet penjualan premium mulai dikurangi pelan-pelan terutama kemarin pada saat pandemi di mana harga crude (minyak mentah) jatuh. Nah (premium) ini memang bisa dilakukan substitusi dengan pertalite," katanya.

Baca Juga: Siswi SMA Ditemukan Bunuh Diri di Depan Ruang Kelasnya

Hal ini pun tercermin dari data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), di mana penyerapan bensin premium selama Januari hingga November 2021 sebesar 3,41 juta kilo liter (kl) atau hanya sekitar 34,15% dari kuota premium pada tahun ini sebesar 10 juta kl.

Proyeksi sampai akhir tahun diperkirakan konsumsi hanya bertambah sekitar 248 kl. Dengan demikian proyeksi konsumsi bensin premium oleh masyarakat sepanjang tahun ini juga diproyeksi hanya sekitar 34,15% dari kuota 10 juta kl tahun ini.

Adapun tujuan BBM premium dikurangi adalah untuk memperbaiki kualitas bahan bakar dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Indonesia sekarang masih termasuk empat negara di dunia yang masih menggunakan premium.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNBC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X