BMKG Terbitkan Peringatan Dini: Waspadai Bencana Hidrometeorologi pada Akhir Tahun

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 17:32 WIB
Ilustrasi (Tienthinhphoto on Pixabay)
Ilustrasi (Tienthinhphoto on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto mengingatkan peningkatan potensi bencana hidrometeorologi yakni banjir, banjir bandang, tanah longsor, juga gelombang tinggi pada akhir tahun ini.

“Pertama saya sampaikan dahulu bahwa musim hujan pada tahun 2021/2022 itu sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya fenomena La Nina yang dalam status dari lemah hingga moderat. Dimana ini bisa membangkitkan intensitas hujan yang terjadi,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (11/12/2021).

Kemudian yang kedua, kata Guswanto yaitu saat ini cuaca di Indonesia juga dipengaruhi oleh aktifnya Monsun Asia yang membawa massa udara dingin ke wilayah Indonesia.

“Di mana cuaca ekstrem yang terjadi di belakangan ini juga disebabkan oleh beberapa bentuk kondisi seperti konvergensi kemudian labilitas udara yang lokal yang menguat itu juga menyebabkan pertumbuhan awan hujan dalam durasi yang cukup panjang.”

“Kalau kita melihat penyebabnya cuaca ekstrem saat ini curah hujan maka bencana hidrometeorologi yang akan muncul yang ini adalah banjir, kemudian banjir bandang, kemudian tanah longsor, serta angin kencang dan tinggi gelombang,” ungkap Guswanto.

Baca Juga: Demi Loyalitas dan Rivalitas, Bintang Leeds Kalvin Phillips Tolak Pindak ke MU demi Liverpool

Guswanto berharap, masyarakat menyadari potensi bencana yang terdapat di wilayah sekitarnya. Kemudian, dia juga meminta agar masyarakat memperhatikan peringatan dini dari BMKG serta selalu memperbarui informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini BMKG.

“Kami saat ini juga sudah memberikan informasi prakiraan cuaca baik itu nanti jalur mudik untuk Natal dan Tahun Baru serta untuk wisata juga sudah kita memberikan di 10 destinasi wisata sudah tersedia di website BMKG,” kata Guswanto.

Kemudian, Guswanto meminta masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan karena ketika dirasakan curah hujan sudah cukup tinggi secara meteorologi yakni apabila curah hujannya sudah lebih dari 50 mm per hari ataupun 20 mm per jam itu sudah cukup tinggi maka masyarakat perlu waspada.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X