Larangan Penjualan Minyak Goreng Curah Pada Tahun Depan Dibatalkan Kemendag

- Jumat, 10 Desember 2021 | 16:18 WIB
Minyak goreng curah
Minyak goreng curah

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Rencana larangan penjualan minyak goreng curah oleh Kementerian Perdagangan pada 1 Januari 2021 mendatang dikabarkan batal.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan. Ini berarti minyak goreng curah masih boleh beredar di pasaran pada tahun depan.

Dikutip dari CNNIndonesia, alasan utama pembatalan tersebut karena tingginya harga komoditas CPO saat ini yang disebabkan oleh supercycle.

Sedangkan saat ini daya beli masyarakat masih terdampak oleh pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kesal Terhadap Kasus Pemerkosaan Santriwati Pesantren di Bandung, Deddy: Herry Wirawan Pantas Dihukum Mati

Oke menjelaskan, jika minyak goreng curah dipaksa untuk ditarik dari pasaran, maka akan berdampak ke geliat ekonomi yang baru mulai pulih.

"Kondisinya sepertinya ini buah simalakama gara-gara pandemi, gara-gara supercycle, dan sebagainya. Kalau kondisi normal mungkin berbeda ceritanya," terang dia.

Oke menambahkan, saat ini belum ada strategi tertentu untuk menekan produksi minyak goreng curah di masyarakat. Dengan pendekatan baru, warga diberikan kebebasan untuk memilih. Namun, lewat edukasi masif diharapkan masyarakat bisa beralih ke minyak goreng kemasan.

"Di era pemulihan ekonomi nasional, sudah kita tinggalin dulu. Kita coba pakai pendekatan lain, yaitu edukasi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X