Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Wilayah Indonesia, Luhut: Anti Bodi Masyarakat Sudah Tinggi

- Selasa, 7 Desember 2021 | 11:36 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan  |  Sumber: BPMI Setpres 2021
Luhut Binsar Pandjaitan | Sumber: BPMI Setpres 2021

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemerintah Indonesia secara resmi membatalkan penerapan aturan PPKM level 3 pada periode natal dan tahun baru yang sejatinya berlaku pada 24 desember 2022 hingga 2 Januari 2022.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan pada Selasa (7/12/2021).

Kendati demikian, Luhut menerangkan bahwa walaupun penerapan PPKM Level 3 di masa Nataru dibatalkan, pemerintah akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi yang berlaku saat ini dengan tetap melakukan beberapa pengetatan.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan," ungkap Luhut dalam keterangan tertulis di situs Kemenko Marves, Selasa (7/12).

Baca Juga: BWI Inhu Buat Gerakan Wakaf Seribu Bangun Pesantren untuk Anak Kurang Mampu

Luhut beralasan bahwa kebijakan tersebut di ambil karena sejauh ini Indonesia saat ini jika di lihat dari penanganan pandemi covid-19, telah menunjukan kestabilan dimana kasus terkonfirmasi positif hariannya di bawah angka 400 kasus.

"Indonesia sejauh ini berhasil menekan angka kasus konfirmasi Covid-19 harian dengan stabil di bawah angka 400 kasus," terang Luhut.

Lebih lanjut luhut menerangkan bahwa ada syarat bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh dalam negeri yakni dengan wajib vaksinasi lengkap dan tes antigen yang menunjukan hasil negatif maksimal 1x24 jam pada saat sebelum berangkat.

Untuk dewasa yang belum di vaksin secara lengkap ataupun tidak bisa di vaksin dengan alasan medis tidak diizinkan berpergian jarak jauh.

Khusus anak-anak, harus memenuhi syarat tes antigen dengan hasil negatif yang berlaku 1x24 jam untuk perjalanan darat dan laut, serta tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 3x24 jam untuk perjalanan udara.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
X