Kemnaker Komentari Link and Match Perusahaan, Kini Diminta Ambil Langkah Berikut Dalam Merekrut Karyawan

- Senin, 6 Desember 2021 | 08:21 WIB
Ilustrasi (Yury Kim)
Ilustrasi (Yury Kim)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Link and Match kini jadi pembahasan Kementerian Ketenagakerjaan dalam sebuah kesempatan yang diungkapkan oleh Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.

Kemnaker masih mengatasi problematika Link and Match yang kian ramai berserakan di berbagai perusahaan lokal atau nasional.

Anwar selaku Sekjen Kemnaker juga menyebutkan bahwa masalah Link and Match masih menjadi tantangan dan perlu adanya tindakan solutif.

"Permasalahan link and match merupakan tantangan tidak hanya bagi pemerintah namun bagi kita semua. Oleh karenanya, pusat-pusat karir di seluruh perguruan tinggi harus saling bersinergi untuk menghadapi tantangan ketenagakerjaan ini" ucao Anwar Sanusi (05/12/2021).

Link and Match adalah keadaan dimana salah bidang kerja yang tidak sesuai bidang studi dan kini telah menjadi kebiasaan yang banyak dipraktikkan oleh berbagai perusahaan.

Baca Juga: Piala AFF, Singapura Menang Telak Atas Myanmar

"Saat ini banyak pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan bidang studi mereka di pendidikan formal, baik di SMK, SMA. maupun Perguruan tinggi. Hal ini lah yang menjadi dasar perlunya melakukan analisis serta menyimpulkan segala permasalahan link and match" tulis Kemnaker @KemnakerRI (05/12/2021).

Atas permasalahan tersebut, Kemnaker mengisyaratkan untuk mengambil tindakan bagi para perusahaan saat ingin merekrut karyawan.

Diungkap oleh Kemnaker terutama bagi para calon alumni dari perguruan tinggi yang nantinya akan melamar pekerjaan di beberapa tempat atau perusahaan.

"Diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah dengan stakeholders terkait dalam memperoleh Satu Data Ketenagakerjaan," tulis Kemnaker.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB

Berikut Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:43 WIB
X