Mengenal 'Cytotec', Obat yang digunakan Bripda Randy Bagus Buat Gugurkan Kandungan Alm. Novia Widiyasari

- Minggu, 5 Desember 2021 | 13:08 WIB
Cytotec (Linkedin)
Cytotec (Linkedin)


HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kapolda Jawa timur melalui  Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo memberikan keterangan pers terkait perkembangan lanjutan meninggalnya salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya Novia Widiyasari Rahayu pada Sabtu (4/12/2021).

Dalam jumpa persnya, Brigjen Pol Slamet Hadi menuturkan bahwa pihaknya telah mengamankan barang bukti terkait Aborsi yang telah dilakukan Alm. Novia Widyasari sebanyak dua kali.

Pelaku Bripda Randy Bagus beserta Alm. Novia Widiyasari, bersama-sama membeli obat 'Cytotec' baik yang pertama maupun yang kedua kalinya.

Baca Juga: Kamu Nafsuan? Begini Cara Mengendalikannya Menurut Islam

Namun apakah itu 'Cytotec'?

Cytotec adalah salah satu katagori obat keras yang digunakan didalam medis untuk mencegah tukak lambung atau masalah yang berkaitan dengan NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs) atau Obat Anti Inflamasi Non Steroid (AINS).

Cytotec mengandung Misoprostol sebagai bahan aktif yang di produksi oleh salah satu perusahaan farmasi terbesar di AS, Pfizer Inc.

Cytotec adalah obat yang bekerja dengan mengurangi kadar asam dalam lambung untuk mencegah terjadinya luka pada lambung.

Cytotec tergolong obat yang sangat membahayakan kehamilan, dimana ia akan merusak lapisan rahim dan memicu kontraksi serta juga pendarahan pada rahim.

Oleh karena itu, obat Cytotec tidak bisa di jual bebas oleh pasar dan membutuhkan resep dokter untuk membelinya di apotek.

Adapun bahaya jika obat Cytotec tersebut digunakan oleh orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap misoprostol serta memiliki efek samping yakni mual atau muntah, perut kembung, diare, ruam, sakit kepala, pendarahan pada vagina serta rahim robek.

Baca Juga: Oknum Polisi yang Diduga Memperkosa Novia Widyasari Diperiksa Propam

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X