Erupsi Gunung Semeru, BNPB Gunakan Helikopter Cek 10 Penambang Masih Terjebak

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 23:14 WIB
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi disertai awan panas. Peristwa ini terjadi sekira pukul 15.000 WI, Sabtu 4 Desember 2021 (ist)
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi disertai awan panas. Peristwa ini terjadi sekira pukul 15.000 WI, Sabtu 4 Desember 2021 (ist)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/11). Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani, mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih memantau erupsi tersebut.

Guguran awan panas terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Disebutkan Andiani, saat ini tim pemantau sedang melakukan pengecekan terkait tinggi muntahan awan panas oleh PVMBG. Begitu juga soal luasan daerah terdampak semburan awan panas ini.

Diantara musibah ini, ternyata ada lebih kurang 10 orang penambang yang terjebak di kawasan Semeru dan nasib mereka belum diketahui apakah masih selamat atau tidak.

Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar meminta kepada Kepala BNPB untuk menerjunkan helikopter mengecek kondisi para penambang yang terjebak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, 1 Meninggal Dunia 5 Orang Alami Luka Bakar

Menurut Indah, ada 2 penambang yang belum diketahui kondisinya dan 8 lainnya terjebak di kantor tambang setempat.

"Barang kali BNPB bisa, apabila cuaca mungkin ada helikopter bisa mantau rakyat kami yang terjebak. Karena kami kesulitan, kasihan betul," kata Indah dalam konferensi pers BNPB, Sabtu (4/12).

"Ini keluarganya menangis semua ini, karena ada sekitar 8 sampai 10 orang yang terjebak. Barang kali ada heli yang bisa memantau. Terima kasih," sambung dia.

"Petugas dan relawan tak bisa evakuasi karena lahar panas sudah di sana. Kami menunggu surutnya mudah-mudahan mereka masih selamat," ucap Indah dengan suara bergetar.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Berlarian ke Lokasi yang Aman

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB

Berikut Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:43 WIB
X