G20 Resmi Dimulai, Kementerian ESDM Bocorkan 3 Prinsip yang Diusung Indonesia untuk Dunia

- Kamis, 2 Desember 2021 | 18:35 WIB
 (twiitter/@KementerianESDM)
(twiitter/@KementerianESDM)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Presidensi G20 telah resmi dibuka pada 01 Desember 2021 dan Indonesia dikabarkan telah mengusungkan 3 prinsip yang diberikan untuk dunia.

Terpilihnya Indonesia sebagai pemimpin G20 memberikan peranan penting untuk pertama kalinya. Gelaran tersebut juga mengangkat tema sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tema G20 gebrakan Indonesia yaitu "Recover, Together, Recover, dan Stronger". Dengan tema yang dipilih, tiga prioritas utama salah satunya adalah "Transisi menuju Energi Berkelanjutan".

Tiga rencana Indonesia dalam G20 disampaikan oleh Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) RI, Arifin Tasrif yang dibagikan dalam unggahan Twitter Kementerian ESDM @KementerianESDM.

Adapun prinsip utama yang diusung oleh Kementerian ESDM antara lain, yaitu:

"Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah penting untuk usaha nasional dalam rangka pengurangan pencemaran. Pertama, kami baru saja meluncurkan rencana umum terbaru dalam penyediaan tenaga listrik 2021-2030 yang lebih maju dan lebih ramah lingkungan dengan mengalokasikan 51.6 % tenaga
terbarukan atau setara dengan 20.9 GW kapasitas tambahan," ucap Menteri ESDM Arifin Tasrif (02/12/2021)

Baca Juga: Barcelona Tumbalkan Sergino Dest Untuk Datangkan Pemain Manchester City

"Kedua, pemerintah juga telah mendedikasikan target untuk strategi jangka panjang dengan menginvestasikan karbon rendah dan ketahanan iklim untuk berinvestasi pada tujuan masa depan. Kami telah memformulasikan sebuah Roadmap terhadap emisi yang total bersih dalam sektor energi yang secara garis besar membutuhkan usaha untuk pengembangan EBT, penggunaan fosil dan penggunaan teknologi bersih untuk memperoleh karbon netral di 2060 atau
secepatnya dengan dukungan secara internasional," jelas Arifin.

"Ketiga, pemerintah juga telah menyelesaikan permasalahan terhadap ekonomi karbon" tutup Arifin

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIP Jawa Barat Rekomendasikan Arteria Dahlan Dipecat

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:49 WIB
X