China 'Senggol' Kedaulatan Indonesia dengan Minta Pengeboran Minyak di Natuna Utara Dihentikan

- Kamis, 2 Desember 2021 | 18:16 WIB
Ilustrasi kapal perang RI sedang melakukan latihan (Instagram/Koarmada2)
Ilustrasi kapal perang RI sedang melakukan latihan (Instagram/Koarmada2)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - China kembali mengusik kedaulatan Indonesia dengan meminta menghentikan pengeboran minyak dan gas alam di wilayah maritim di Laut Natuna Utara.

Perairan laut itu juga diklaim oleh China sebagai wilayahnya lautnya di Laut China Selatan dianggap dengan Sembilan Garis Putus-putus atau Nine Dash Line.

Permintaan ini belum pernah terjadi sebelumnya hingga mengakibatkan meningkatkan ketegangan atas sumber daya alam antara kedua negara di wilayah strategis dan ekonomi global yang saat ini sedang bergejolak.

Satu surat dari diplomat China kepada kementerian luar negeri Indonesia dengan jelas mengatakan kepada Indonesia untuk menghentikan pengeboran minyak lepas pantainya di Laut China Selatan.

Baca Juga: Menjelang Natal, Menaq Yaqut Terbitkan Aturan Bagi Umat Kristen di Gereja

Muhammad Farhan, seorang anggota DPR RI dimintai arahan terkait dengan surat dari diplomat itu dengan tegas menolak aktivitas pengeboran minyak lepas pantai.

"Jawaban kami sangat tegas, bahwa kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami," kata Farhan seperti yang dilansir dari Reuters, Kamis (2/11/2021).

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Indonesia mengatakan bahwa informasi komunikasi diplomatik bersifat rahasia dan tidak bisa disebarluaskan.

"Setiap komunikasi diplomatik antar negara bersifat pribadi dan isinya tidak dapat disebarkan," katanya dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X