Program Kartu Prakerja Dilanjutkan Hingga Tahun Depan

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:52 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja
Ilustrasi Kartu Prakerja

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Program jaring pengaman sosial yakni Kartu Prakerja terus disalurkan selama masa pandemi.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, berbagai inovasi telah dirancang agar peserta Kartu Prakerja mendapatkan banyak manfaat dari program ini.

“Kami menciptakan sistem yang mudah diakses. Layanan 100% digital yang didukung oleh cloud computing. Tapi teknologi hanya alat, butuh orang yang tepat untuk mengoperasikan, serta kebijakan yang tepat. Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan seluruh tim Kemenko Perekonomian,” kata Denni, Rabu (1/12/2021).

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan, Program Kartu Prakerja masih akan dilanjutkan pada tahun 2022.

“Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk Program Kartu Prakerja sebesar Rp11 triliun atau 4,3% dari anggaran perlindungan sosial tahun 2022,” tegasnya.

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Minta Seluruh Perusahaan Untuk Patuh Pada UMK 2022

Febrio menerangkan, Kartu Prakerja merupakan insiatif pemerintah dalam penanganan Covid-19 karena tidak hanya menjadi sarana transfer dana dana dari pemerintah ke masyarakat, tetapi menawarkan skill development sebagai pondasi meraih kesempatan kerja yang lebih luas. 

“Seringkali para pekerja kesulitan mendapatkan pekerjaan dikarenakan kompetensi yang diperoleh dari lembaga pendidikan belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Untuk menjembatani ini pemerintah berupaya memberikan keterampilan bagi Angkatan kerja kita sehingga labor market akan menjadi lebih sehat dan lebih fleksibel,” urainya.

Febrio melanjutkan, berdasarkan survei IPSOS 2021 Program Kartu Prakerja menjadi bantuan sosial yang paling bermanfaat.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIP Jawa Barat Rekomendasikan Arteria Dahlan Dipecat

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:49 WIB
X