Erick THohir Minta Semua Fasilitas Umum di BUMN Gratis

- Jumat, 26 November 2021 | 16:38 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut alasan pembubaran 7 BUMN. (portaljember.com/Anto Kurniawan)
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut alasan pembubaran 7 BUMN. (portaljember.com/Anto Kurniawan)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Menteri BUMN Erick Thohir meminta perusahaan BUMN tidak memungut biaya atas penggunaan fasilitas umum dan sosial oleh masyarakat.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE_16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN. Surat tersebut diteken Erick pada 24 November lalu.

"Pemberian layanan oleh BUMN yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani bagi masyarakat yang menggunakannya. (tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna)," ujar Erick dalam edaran tersebut, dikutip Jumat (16/11).

Erick meminta penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai dan terawat dengan baik menjadi bagian dari standar kualitas layanan yang dilakukan BUMN.

Baca Juga: Larangan Masuk Terhadap WNI ke Arab Saudi Dihapus

"Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN diminta untuk mengawasi pelaksanaan surat edaran ini," ujar Erick.

Pada awal pekan ini, Erick meminta seluruh toilet yang ada di SPBU Pertamina gratis bagi masyarakat. Erick menyampaikan permintaan ini setelah mengunjungi SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @erickthohir pada Senin (22/11) lalu, Erick tampak berbincang dengan penjaga toilet di salah satu SPBU.

"Kalau yang mau pakai bayar Rp2 ribu kalau kencing dan mandi Rp4 ribu. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum," kata Erick kepada penjaga toilet di SPBU tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X