Penyediaan Air Bersih Berhenti Disokong Bank Dunia, Kemendes PDTT Lakukan Tindakan Sigap Demi Desa yang Layak

- Jumat, 26 November 2021 | 14:15 WIB
 (kemendesa.go.id)
(kemendesa.go.id)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Ketersediaan air bersih masih menjadi bagian tujuan dan cita-cita Kemendes PDTT bagi desa-desa yang memiliki akses air bersih yang jauh.

Meski dana penyediaan air bersih telah terhenti dari program Bank Dunia, namun Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kemendes PDTT, Sugito mengambil langkah lain.

Langkah air bersih yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT adalah pelaksanaan PAMSIMAS (Program Penyediaan Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang memastikan terpenuhinya kebutuhan air bersih dan sarana sanitasi yang memadai bagi warga desa.

Kabarnya PAMSIMAS air bersih dari Kemendesa PDT dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sepenuhya sebab sejak 2021 Bank Dunia berhenti memberikan dana hibah.

“Kami sepenuhnya mendukung program PAMSIMAS karena memang dibutuhkan warga desa. Kami berharap dengan program (PAMSIMAS) kualitas hidup warga
desa akan kian meningkat di masa depan,” ujar Sugito (25/11/2021)

Baca Juga: Desa Kurang Fasilitas Kesehatan, Mendes PDTT Turun Tangan Hingga Blusukan ke Pedalaman

Nantinya BUMDes bisa menggunakan dana desa sebagai investasi dalam pengelolaan air bersih dari Program PAMSIMAS. Dengan adanya investasi dari BUMDes ini, maka upaya penyediaan 100% akses air minum dan sarana sanitasi bisa lebih cepat dilakukan.

"Secara kebijakan sudah selalu disampaikan Pak Menteri Desa PDTT bahwa dalam prinsipnya Dana Desa boleh dipakai apa saja kecuali yang dilarang. Persoalannya lebih banyak yang boleh daripada yang dilarang. Termasuk untuk Modal BUMDes yang akan mengelola PAMSIMAS," katanya.

Program PAMSIMAS merupakan program inklusif yang melibatkan peran aktif masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pemeliharaan. Program ini berjalan sejak tahun 2008 dan didukung oleh Bank Dunia yang berakhir pada tahun 2021.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X