Bukan Nobar Bola, Puan Berangkat Ke Madrid Hadiri Pertemuan Gebrakan Indonesia Untuk Dunia

- Kamis, 25 November 2021 | 10:36 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Ketua DPR Puan segera berangkat ke Madrid menghadiri forum internasional yang akan diselenggarakan pada 26-30 November 2021.

Bukan nobar bola, Puan akan menghadiri secara langsung gelaran Inter Parliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol. Kehadiran Puan sebagai langkah persiapan Indonesia menjadi tuan rumah pada forum parlemen internasional.

Sidang IPU yang dihadiri Puan akan digelar dengan berbagai sesi seperti General Debate. Selain itu akan ada sidang-sidang komite antara lain Executive Committee, Committee on Human Rights of Parliamentarians, Governing Council Bureau of Women Parliamentarians, Forum of Young Parliamentarians and workshop on Good Parliamentary Practices to Promote Interfaith Dialogue.

Puan kabarnya akan hadir dalam IPU General Assembly ke-143 juga akan membahas isu terkait human rights atau Hak Asasi Manusia (HAM). Tema yang diangkat yaitu bagaimana legislasi dan kebijakan dapat mengatasi eksploitasi seksual online pada anak, dan emergency item terkait Global Parliamentary Support for the Humanitarian Situation of the Palestinians.

Baca Juga: Curi Tas Saat Korban Tidur, Kecot Diamankan Polsek Rengat Barat

Keberangkatan Puan dalam pertemuan IPU dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar. Indra menyebutkan bahwa Puan akan menyampaikan beberapa aspirasi dalam tingkat global.

“IPU sebagai institusi parlemen internasional tahun ini kembali bersidang secara fisik untuk merumuskan upaya-upaya bersama di tingkat global dalam menghadapi tantangan bersama,” kata Indra (24/11/2021).

Menurut Indra, Puan menjabat sebagai Ketua DPR RI itu akan menyampaikan pidato pada sesi General Debate terkait tema Contemporary Challenges to Democracy: Overcoming division and building community. Puan akan berbicara mengenai tantangan demokrasi saat ini.

Kemudian mengenai dampak pandemi Covid-19 bagi demokrasi, dan peran Parlemen untuk menjaga kelangsungan demokrasi. Hal ini menjadi gebrakan Indonesia untuk dunia.

“Selain itu pada sesi Governing Council, Ketua DPR akan menyampaikan hasil sidang The First Global Conference on Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28-30 September 2021 secara virtual,” terang Indra.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X