Gunakan Modus Baru, 225 Peserta CPNS Curang Didiskualifikasi

- Rabu, 24 November 2021 | 20:31 WIB
Ilustrasi, Suasana Ujian SKD seleksi CPNS  |  Sumber: Dokumentasi Kemenkumham
Ilustrasi, Suasana Ujian SKD seleksi CPNS | Sumber: Dokumentasi Kemenkumham

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kecurangan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu terjadi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 ini ditemukan ratusan orang bertindak curang pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama menjelaskan sampai saat ini terhitung sudah ada 225 peserta SKD yang terbukti curang dan didiskualifikasi.

"Daftar nama-nama peserta tersebut diumumkan lewat masing-masing Instansi melalui pengumuman hasil SKD, peserta curang diberi tanda DIS (diskualifikasi) di kolom pengumumannya," kata Satya dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Dikutip dari detik.com, BKN dan BSSN sampai saat ini pun masih bergerak melakukan audit forensik dan audit trail. Hal tersebut dilakukan guna memeriksa kecurangan yang terjadi sewaktu SKD.

Pemeriksaan akan dimulai dari perangkat seleksi dan CCTV, termasuk audit terhadap aktivitas peserta selama mengikuti seleksi, mulai dari saat melakukan registrasi, klik mulai ujian, sampai dengan selesai ujian dengan teknologi AI di server CAT BKN.

Baca Juga: Video Baku Hantam Seorang Anggota TNI dan Dua Anggota Polri Viral di Media Sosial

Menurut Satya, dari total 2 juta peserta seleksi, 225 peserta di antaranya atau sekitar 0,01% terbukti curang dengan temuan di 9 titik lokasi SKD yang berada di wilayah Sulawesi dan Lampung.

Kecurangan tersebut diketahui setelah forensik digital BKN bersama BSSN menelusuri pola pengerjaan ujian peserta di server CAT BKN.

Dari hasil sementara, ditemukan indikasi kecurangan dengan modus remote access.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Malang Larang Daging Anjing Diperjualbelikan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB

Ibu Kota Baru Otoriter, Tak Ada DPRD-nya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:24 WIB

Kunjungi Lombok, Jokowi Beli Sepatu Seharga Rp350.000

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:03 WIB
X