Naik Hingga Rp 19.000 Per kg, Harga Minyak Goreng Cekik Rakyat Miskin, DPR: Turunkan!

- Sabtu, 20 November 2021 | 17:55 WIB
 (Dok. DPR)
(Dok. DPR)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kenaikan komoditas minyak goreng terus terjadi hingga awal November 2021. Anggota DPR minta pemerintah segera ambil tindakan.

Lonjakan harga naik mencapai harga Rp.19.000 per kg. Alhasil, tanjakan harga yang drastis tinggi malah cekik rakyat.

Sebelumnya awal Maret 2021, harga minyak Rp.15.000 hingga pada akhir Mei menjadi Rp.16.000 per kg.

Kenaikan harga terjadi kembali pada awal september menjadi Rp. 17.500 per kg. Menanggapi perubahan harga yang tajam naik anggota DPR Johan Rosihan mendesak pemerintah segera mengambil kebijakan dan langkah yang  tepat.

Baca Juga: Basrial Ungkap, Mantan Ketua Koperasi PT Langgam Harmoni, Antony Hamzah Tukang Fitnah

Fluktuasi harga minyak yang semakin menggila sebabkan susahnya penjangkauan harga minyak bagi masyarakat miskin atau kurang mampu.

Johan sempat mempertanyakan perihal harga minyak yang terus naik daun sebab Indonesia sendiri adalah produsen minyak terbesar di dunia.

Disarankan oleh Johan bahwa penting menjaga harga stabil di pasaran domestik dan tidak melebihi harga acuan penjualan di tingkat konsumen yang telah ditetapkan.

"Saya minta segera tugaskan Bulog untuk mengembalikan harga minyak goreng sesuai dengan acuan harga yang telah ditetapkan. Lakukan operasi pasar minyak goreng terutama jenis kemasan yang sederhana agar mudah diakses oleh masyarakat kurang mampu," tegas Johan (19/11/2021).

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X