Buat Kemacetan Bisnis Pesawat, 3 Wilayah Berikut Jadi Korbannya

- Jumat, 19 November 2021 | 11:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumardi
Menhub Budi Karya Sumardi

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pandemi Covid-19 memang jadi puncak akar banyak masalah yang mempengaruhi berbagai sektor negara.

Covid-19 yang sudah wara-wiri sejak Maret 2019 memang meresahkan banyak pihak mulai dari usaha kecil sampai urusan pemerintahan.

Dampak Covid-19 yang menimbulkan kemacetan juga terjadi pada bisnis penerbangan pesawat terbang.

Bukan tanpa alasan, transportasi moda udara resmi sunyi sejak ditetapkan sederet ketetapan akses lewat yang berstandar protokol kesehatan.

Sebab inilah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Rapat Umum Anggota Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) 2021.

Baca Juga: Ladong Jadi Ladang Duit Pt Alpine Green, Rakyat Aceh Ikut Kebanjiran Rezeki

Acara tersebut digelar pada 18 November 2021 dengan tajuk tema " Covid Risk Management and Recovery of Industry”, yang berlangsung secara daring.

Menhub mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi industri penerbangan. Tak hanya di Indonesia, melainkan juga negara-negara lain di dunia. Hal tersebut menimbulkan efek domino ke berbagai sektor.

Akibatnya 3 wilayah berikut menjadi korban terbatas akses mode penerbangan diantaranya Papua, Sulawesi, dan Kalimantan yang dikategorikan daerah 3T.

“Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat bergantung pada konektivitas transportasi udara, dalam rangka melancarkan mobilitas manusia maupun distribusi logistik, dan juga mengurangi kesenjangan harga kebutuhan masyarakat sehari-hari, khususnya di wilayah Terdepan, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP). Saya mengharapkan peran dan dukungan INACA untuk mendukung transportasi udara
di Wilayah 3TP seperti di Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan daerah lainnya,” kata Menhub (18/11/2021).

Menhub menyarankan agar akses udara penerbangan untuk ketiga daerah tersebut di prioritaskan.

Baca Juga: Hukuman Perusahaan Gaji Pekerja Diatas 1 Tahun Dengan Upah Minium, Kemnaker Minta Segera Dilaporkan

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB

Jabatan Tito Karnavian Berakhir Besok, Terus?

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:14 WIB
X