Prabowo dan Jokowi Akrab di Hadapan Patung Soekarno Buktikan Warisan Semangat 45

- Rabu, 10 November 2021 | 14:01 WIB
Jokowi dan Prabowo (Kemhan.go.id)
Jokowi dan Prabowo (Kemhan.go.id)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Menhan Prabowo dan Presiden Jokowi hadir dalam satu event peresmian Tugu Api Semangat, hadiah negeri untuk Ir. Soekarno.

Dalam kesempatan itu, Prabowo hadir mendampingi Jokowi dalam menyalakan kobar bara api di depan di pelataran patung Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Menunggang Kuda, di Kementerian Pertahanan (Kemhan),
Jakarta Pusat.

Prabowo dan Jokowi tampak saling mendukung dalam acara tugu api semangat yang berlangsung pada 09 November 2021.

Baik Prabowo maupun Jokowi keduanya sepakat bahwa tugu api adalah tanda warisan semangat 45 yang perlu terus dinyalakan.

Terlihat akrab, kedua figur Indonesia tersebut hadir dan beri sambutan berupa pesan dalam peresmian Tugu Api Semangat.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa keberadaan tugu ini akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat, yaitu semangat untuk menjaga Pancasila.

“Bung Karno pernah menyatakan warisi apinya, jangan warisi abunya, warisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan
kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan dan semangat untuk membangun Indonesia maju. Dan keberadaan Tugu Api ini merupakan
salah satu pengingat kobaran semangat kita, semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers dalam membangun Indonesia maju
yang kita cita-citakan”, ucap Jokowi (09/11/2021).

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kemerdekaan sesungguhnya bukan sekedar pencapain saja yang paling utama adalah semangat mempertahankannya.

Dalam momentum Tugu Api Semangat, Prabowo juga menyebutkan bahwa bukan sekedar tanda tetapi aksi nyata dalam bela negara demi mempertahankan keutuhan NKRI.

“Api tidak pernah padam sebagai simbol dari semangat, harapan, keberanian dan gairah Bangsa Indonesia untuk senantiasa mencintai tanah air, rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI, serta semangat untuk terus membangun bangsa dan negara, demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945”, tegas Menhan Prabowo.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RI Ambil Alih Kendali Udara di Natuna dari Singapura

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:34 WIB

PDIP Jawa Barat Rekomendasikan Arteria Dahlan Dipecat

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:49 WIB
X