Penetapan Jadwal Pemilu 2024 Diprediksi Molor Lagi

- Selasa, 2 November 2021 | 15:31 WIB
Pengajuan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp86 triliun disoroti DPR dan Mendagri, dinilai terlalu tinggi (Ilustrasi Pemilu Serentak 2024. Pikiran Rakyat - Fian Afandi)
Pengajuan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp86 triliun disoroti DPR dan Mendagri, dinilai terlalu tinggi (Ilustrasi Pemilu Serentak 2024. Pikiran Rakyat - Fian Afandi)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Karena belum ada kesepakatan antara pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal jadwal pemilu, penetapan jadwal pemilu 2024 berpotensi kembali molor.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/11) dikutip dari CNN Indonesia.

Kata Saan, DPR hanya memiliki waktu kurang lebih satu bulan dalam masa sidang ini sebelum memasuki masa reses. Sementara, masa sidang berikutnya baru akan dimulai sekitar Januari 2022.

"Kalau kita enggak bisa tetapkan sekarang, di masa sidang ini, pasti akan molor. Karena kan gini, DPR sudah reses lagi (sekitar Desember), ketika masuk Januari, itu masa KPU lama kan habis di Februari," ujar Saan.

Selain itu, menurut Saan, mulai Januari-Februari 2022, Komisi II sudah mulai melaksanakan seleksi anggota KPU dan Bawaslu yang baru. Menurut Saan, tidak menutup kemungkinan anggota KPU baru yang akan terpilih nanti yang menetapkan jadwal pemilu.

Kendati begitu, Saan menyebut molornya penetapan jadwal pemilu tidak akan berdampak pada proses tahapan pemilu.

Baca Juga: Komnas HAM Dukung Penghapusan Ambang Batas pada Pemilu 2024 Demi Cegah Polarisasi Berlebihan

"Secara dampak enggak ada, jadi kalau bisa gini, kalau penyelenggara ditentukan, pelaksanaan Februari, itu kan masih Juni 2022 tahapan itu dimulai. Kalaupun pemilu Mei, tahapan di bulan September," ungkap dia.

"Jadi sebenarnya itu tidak terganggu. Kalau batas waktu untuk penentuan tanggal pemilu ditetapkan oleh KPU baru juga sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada tahapan," kata Saan menambahkan.

Namun demikian, Saan tetap menegaskan Komisi II ingin jadwal pemilu ditetapkan dalam waktu dekat demi memberi kepastian kepada publik.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:13 WIB
X