Demi Destinasi Wisata Halal, Satpol PP Aniaya Hewan Hingga Tak Bernyawa

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:29 WIB
Wisata Halal Pulau Banyak, Aceh Singkil (Disbudpar Aceh)
Wisata Halal Pulau Banyak, Aceh Singkil (Disbudpar Aceh)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kisruh Wisata Halal ini bermula dari sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengilustrasikan kronologi hewan peliharaan mati karena dianiaya petugas berseragam.

Kasatpol PP Aceh Singkil, Ahmad Yani, mengatakan anjing tersebut ditangkap oleh empat anggota yang berangkat ke Pulau Banyak setelah menerima surat terkait pemberlakuan Wisata Halal yang dikirimkan oleh Camat, diterima olehnya.

“Anjing tersebut ditangkap untuk dibawa ke daratan Aceh Singkil berdasarkan banyaknya laporan dari masyarakat, Dinas Pariwisata dan Camat setempat yang risih karena keberadaan anjing-anjing di Pulau Banyak. Namun, ketika sampai di daratan, anjing yang dimaksud itu sudah mati, mungkin karena stres,” tambah Ahmad.

Kejadian dan tanggapan dari Wilayatul Hisbah Aceh Singkil tersebut mengundang amarah netizen dan komunitas pecinta hewan.

Baca Juga: Pasien Meninggal Akibat Covid-19 di Riau Dalam Dua Hari Nihil

@doniherdaru dari @animaldefendersindo mengatakan melalui akun Instagramnya, bahwa dirinya dan @animalloversbersatu sudah mencoba membuka komunikasi dengan pemilik hewan, @rosayeoh, untuk menawarkan advokasi dan bantuan hukum.

“Kami melihat bahwa kejadian ini sangat tidak bisa diterima dan banyak pidana di kejadian ini.

Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tetap akan melaporkan kasus ini ke kepolisian, dengan atau tanpa kesertaan pemilik, karena kami punya legal standing dan mendesak kepolisian untuk mengamankan barang bukti karena pertimbangan proses pembusukan yang berjalan cepat.

Kami siap membantu proses otopsi yang bisa dipertanggungjawabkan secara medis guna penyelidikan dan penentuan penyebab kematian,” tulisnya.

Baca Juga: Warga Harap Manajemen Pertamina Hulu Rokan-Rumbai, Tindak Tegas Security Pungli di Pos Gate Lima

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebanyak 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV-AIDS

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:02 WIB
X