Dimasa Pandemi Biaya Umrah Meningkat, Ketua MPR RI: Tetapkan Refrensi Harga

- Senin, 18 Oktober 2021 | 18:25 WIB
Ilustrasi umrah (Foto: Mohammed Zayed from Pexels)
Ilustrasi umrah (Foto: Mohammed Zayed from Pexels)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Jemaah umrah asal Indonesia kembali mendapatkan izin dari Kerajaan Arab Saudi.

Namun, Ketua MPR RI memperkirakan adanya pembengkakan biaya umrah karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Penyelenggaraan perjalanan umrah pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan penerapan protokol kesehatan. Kondisi ini diperkirakan akan berdampak pada biaya paket perjalanan umrah yang rencana akan dibuka kembali," ucap Ketua MPR, Bambang Soesatyo, dalam keterangannya, Senin (18/10).

Dikutip dari Kumparan, pria yang akrab dipanggil Bamoset ini meminta Kementerian Agama utnuk melakukan perhitungan ulang untuk melakukan penyesuaian dalam penetapan refrensi harga biaya umrah.

"Mengingat kecermatan dalam penghitungan biaya umrah dinilai sangat penting agar harga yang ditetapkan rasional sesuai dengan kebutuhan dalam menyiapkan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi," ucapnya.

Baca Juga: Seperti Balas Dendam, Negara yang Tak Izinkan WNI Masuk, Warga Negaranya Tidak Boleh Masuk ke Indonesia

Pria yang menjabat sebagai Ketua IMI tersebut juga meminta pemerintah duduk bersama dengan seluruh asosiasi dan penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) terkait kenaikan dan referensi harga ibadah umrah di masa pandemi.

"Agar dapat menyeragamkan harga atau paket umrah. Hal ini penting guna menghindari persaingan tak sehat dan ketimpangan," tuturnya.

Kemenag diharapkan mengingatkan para pengusaha penyelenggaraan ibadah umrah untuk menunggu aturan teknis umrah pada masa pandemi secara resmi dirilis dan dinyatakan berlaku oleh pemerintah dan pemerintah Arab Saudi.

"Meminta komitmen pemerintah agar dalam melakukan penyesuaian harga perjalanan umrah di masa pandemi ini tidak memberatkan calon jemaah dan memastikan penyelenggaraannya tetap aman," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
X