Turis Asing Ingin Masuk Berwisata di Pulau Dewata, Wajib Ikuti Syarat Opung Luhut Binsar Panjaitan Berikut

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:34 WIB
Juni 2021 Turis asing bisa datang lagi ke Bali (dok, Phinemo.com)
Juni 2021 Turis asing bisa datang lagi ke Bali (dok, Phinemo.com)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kasus positif covid-19 di pulau dewata berangsur-ansur menurun. Penurunan tersebut kini menjadi harapan setiap warga untuk kembali beraktifitas menghidupkan roda perekonmian yang lumpuh akibat penyebaran coronavirus yang tidak terkendali pada tahun lalu.

Kini, Menko Marves sekaligus Ketua tim Koordinator PPKM wilayah Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan secara bertahap akan membuka penerbangan turis asing ke pulau Bali mulai tanggal 14 Oktober 2021.

Pembukaan tersebut menurut Opung Luhut diharapkan mampu untuk memullihkan ekonomi di pulau dewata secara perlahan-lahan.

Arahan tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang meminta pembukaan Bali ke dunia internasional dilakukan secara hati-hati agar suatu saat tidak ada terjadi ledakan orang-orang terkena covid-19.

Walaupun begitu Luhut Binsar Panjaitan menuturkan Rate hitungan laju penyebaran virus covid-19 di Bali masih di atas 1, dan ia berharap pada minggu ini sudah di bawah RT 1.

Baca Juga: Sempat Didatangi Debt Collector, Pria di Bekasi Nekat Terjun dari Rooftop

Dikutip dari Pikiran Rakyat yang berjudul Simak Syarat Masuk Turis Asing ke Bali Sesuai Arahan Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah Provinsi Bali mulai memperketat persyaratan masuk ke pulau dewata bahkan sebelum keberangkatan (pre departure requirement) hingga syarat kedatangan (on arrival requirement) sesuai dengan arahan Koordinator PPKM wilayah Jawa-Bali.

Berikut adalah syarat prakedatangan, sebagai berikut:

  1. Berasal dari negara dengan kasus konfirmasi level 1 dan 2 dengan positivity rate di bawah lima persen;
  2. Hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimum tiga kali 24 jam sebelum jam keberangkatan;
  3. Bukti vaksinasi lengkap dengan dosis kedua dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dalam Bahasa Inggris selain bahasa negara asal;
  4. Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimum 100 ribu dolar AS dan mencakup pembiayaan penanggungan Covid-19;
  5. Bukti konfirmasi pembayaran akomodasi selama di Indonesia dan dari penyedia akomodasi atau pihak ketiga.

Baca Juga: Gantikan Posisi Kante yang Terkena Covid-19, Pemain Muda Prancis Aurelien Tchouameni Kini Diincar Real Madrid

Sementara itu, syarat kedatangan yang ditentukan sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Heboh, Siswi SMP Melahirkan di Toilet Sekolah

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:46 WIB
X