Cabut dari Gedung KPK, Eks Penyidik Ungkap Kekecewaan: TWK Tidak Transparan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:04 WIB
Logo KPK. (KPK)
Logo KPK. (KPK)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Hari ini, mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lakso Anindito membereskan barang-barang, mengembalikan laptop kantor dan juga kartu identitas serta perlengkapan-perlengkapan lain yang selama ini digunakan untuk mendukung proses penyidikan yang dilakukan di KPK.

“Saya masuk ke dalam itu sudah diputus aksesnya, jadi kartu pegawai saya tidak lagi bisa digunakan, jadi harus pakai id (kartu identitas) tamu dan dijemput,” ujar Lakso di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (5/10/2021) dikutip dari Kompas.

“Jadi tadi saya di dalem beres-beres meja sebentar, ada beberapa barang yang belum dibereskan sebelum saya berangkat ke Swedia,” ucap dia.

Eks pegawai KPK yang merupakan penyidik kasus Bansos Covid-19 ini menilai, tes wawasan kebangsaan (TWK) diselenggarakan dengan tidak transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Hendak Bawa Sabu ke Siak, Dua Pemuda Diringkus

Lakso dan 56 pegawai lainnya dipecat usai dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam asesmen TWK yang merupakan bagian dari alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Yang pasti karena TWK tidak diselenggarakan secara transparan dan akuntabel, sampai hari ini 57 pegawai itu sama sekali enggak tahu diberhentikan sebabnya karena apa,” ujar Lakso.

“Indikatornya pun tidak jelas terhadap orang dinyatakan masuk atau tidak masuk sebagai bagian dari orang yang tidak memenuhi syarat,” ucap dia.

Lakso mengatakan, dirinya mengikuti TWK dengan metode yang sama persis dengan TWK sebelumnya, yakni di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang juga melibatkan unsur TNI.

Padahal, kata Lakso, sebelum mengikuti tes tersebut, dia sempat mempertanyakan ke pimpinan KPK terkait TWK yang sebelumnya bermasalah dan ada prinsip-prinsip pelanggaran HAM dalam penyelenggarannya.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebanyak 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV-AIDS

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:02 WIB
X