Bersiap! Bakal Ada 'Tangan' Asing yang Ikut Bantu Basmi Perokok di Indonesia

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:36 WIB
Ilustrasi larangan merokok. (Gettyimages)
Ilustrasi larangan merokok. (Gettyimages)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Akun Twitter @rokok_indonesia mengunggah surat yang menyebut Anies Baswedan senang bergabung dengan program Bloomberg Philanthropies untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang mengkampanyekan antirokok.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diisukan mengirim surat kepada Michael R Bloomberg, pemilik Filantropi Bloomberg, untuk meminta dana pelaksanaan kampanye antirokok di Ibu Kota.

Dalam surat itu disebutkan juga dukungan Bloomberg Philanthropies untuk membuat Jakarta 100 persen bebas dari papan reklame rokok di luar ruangan dan berlanjut menghapus iklan tembakau di dalam ruangan.

"Balik lagi ke Anies Baswedan, inisiasi bertukar surat dengan komitmen melarang rokok di daerah kekuasaannya ini ya bisa jadi alat tukar politik. Ingat bentar lagi 2024, waktunya cari dana bos," tulis pemilik akun @rokok_indonesia.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Orang Kesepian, Apakah Kamu Termasuk Salah Satunya?

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa Anies pernah mengirim surat kerja sama kepada Bloomberg Philanthropies.

Namun, surat yang ditandatangani Anies pada 2019 itu hanya memastikan Jakarta tergabung dalam 54 kota yang melakukan kampanye antirokok, dikutip dari Kompas.com.

Riza membantah isu di media sosial yang menyebut Anies meminta dana kepada konglomerat Bloomberg itu.

"Enggak ada permintaan dana di sini, enggak ada. Ini justru komitmen kita sebagai kota kolaborasi ingin memastikan Jakarta bergabung dengan kota-kota dunia lainnya," ujar Riza, Senin (4/10/2021).

Anies diketahui juga telah mengeluarkan Seruan Gubernur Nomor 8 Tahun 2021 terkait pembinaan kawasan dilarang merokok.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Positif Covid-19 Hari Ini Bertambah 404 Orang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:21 WIB

Erick THohir Minta Semua Fasilitas Umum di BUMN Gratis

Jumat, 26 November 2021 | 16:38 WIB

Larangan Masuk Terhadap WNI ke Arab Saudi Dihapus

Jumat, 26 November 2021 | 15:32 WIB
X