Lulus SKD Kementan Belum Jamin Bisa Ikut SKB

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:02 WIB
Suasana Ujian SKD seleksi CPNS  |  Sumber: Dokumentasi Kemenkumham
Suasana Ujian SKD seleksi CPNS | Sumber: Dokumentasi Kemenkumham

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Seleksi kompetensi dasar atau yang akrab disebut SKD diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian mulai 2 September 2021 hingga 15 September 2021.

Namun, SKB memiliki syarat yang harus dicapai. Syarat itu adalah nilai ambang batas yang mana untuk TWK 65, TIU 80, dan TKP 168.

Tidak berhenti di situ, untuk bisa lepas dari SKD dan melaju ke SKB peserta juga harus lulus dalam perangkingan formasi, di mana memiliki tiga kali jumlah formasi.

Baca Juga: Wali Kota: Pekanbaru Resmi Lanjutkan PPKM Level 2

Apabila peserta SKD memiliki nilai yang sama dalam ujiannya, maka penentuan kelulusan didasari pada nilai yang lebih tinggi secara berurutan. Mulai dari tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum, dan tes kewawasan kebangsaan.

Perlu diketahui, jika jumlah peserta yang mengikuti SKD lebih sedikit dari kebutuhan formasi yang diminta, maka peserta yang melewati ambang batas akan langsung lulus ke ujian selanjutnya, yaitu SKB.

Hasil dari kompetensi dasar secara resmi ditetapkan dan diumumkan oleh Panselnas serta diumumkan pula oleh masing-masing intansi secara online.

Jika lembaga atau instansi pemerintahan yang melaksanakan CAT CPNS hanya melaksanakan SKD saja, maka peserta yang lolos ujian SKD dipastikan dapat langsung mengikuti proses penerimaan CPNS selanjutnya di instansi tersebut.

Baca Juga: Bupati Inhil dan Dandim 0314 Ikuti Peringatan HUT TNI ke 76 Secara Virtual

Sedangkan jika lembaga atau instansi mengunakan tes seleksi kompetensi bidang (termasuk psikotes), peserta tiga besar dari kebutuhan harus mengikuti ujian tersebut.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RI Ambil Alih Kendali Udara di Natuna dari Singapura

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:34 WIB
X