Rayakan HUT TNI ke-76, Jokowi Pimpin Upacara di Istana Merdeka

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:08 WIB
Upacara peringatan HUT TNI ke 76 (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Upacara peringatan HUT TNI ke 76 (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Rayakan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-76, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memimpin sekaligus menjadi inspektur upacara yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10).

Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”.

Kolonel Inf. Tunjung Setiabudi bertindak selaku Komandan Upacara pada peringatan yang digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut. Sementara, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak selaku Perwira Upacara.

Upacara HUT TNI kali ini dilakukan secara hybrid, yakni dihadiri langsung oleh 28 orang anggota TNI dan sisanya mengkuti secara virua di kesatuannya masing-masing. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kylian Mbappe Benarkan Ia Ingin Hengkang Ke Real Madrid Musim Panas Lalu, Namun Secara Baik-Baik

Mengawali upacara, Presiden Joko Widodo memimpin jalannya mengheningkan cipta bagi para arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, Letda Pnb. Gilang Bella Mukti memandu pengucapan Sapta Marga.

Hadir pula Ibu Negara Iriana Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin dan istri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fajar Prasetyo.

Dalam upacara tersebut, TNI laksanakan kegiatan gelar alutsista. Tak kurang dari 112 alutsista berjajar di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat, dan Medan Merdeka Selatan.

Tak hanya itu, Trimatra Flight juga menghiasi langit Istana Merdeka Jakarta. Upaca tersebut juga dimeriahkan dengan aksi flypass dari 18 pesawat tempur TNI disusul dengan 8 helikopter TNI yang di antaranya membawa Bendera Merah Putih raksasa berukuran 20x30 meter.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com, presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebanyak 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV-AIDS

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:02 WIB
X