Hompimpa Alaium Gambreng Miliki Makna yang Sadarkan Kita sebagai Manusia

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 17:07 WIB
Ilustrasi permainan. (GPS Wisata Indonesia)
Ilustrasi permainan. (GPS Wisata Indonesia)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kalimat hompimpa alaium gambreng tak lagi asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama ketika masih kanak-kanak.

Permainan yang populer di era 90-an itu, ternyata memiliki makna dalam kalimat hompimpa alaium gambreng tersebut.

Dilansir dari harianhaluan.com pada Jumat (1/10/2021), dalam sebuah permainan anak, kalimat hompimpa alaium gambreng biasanya digunakan dalam permainan tradisional dengan jumlah pemain minimal tiga orang.

“Hompimpa alaium gambreng!” Dengan bunyinya kalimat ajaib ini, berarti dimulainya sebuah permainan.

Tujuan digunakannya kalimat itu untuk menentukan siapa yang menjadi kawan dan lawan dalam permainan. Contoh penggunaan hompimpa ini yaitu pada permainan kucing-kucingan, petak umpet, gobak sodor, dan lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Opium yang Harganya Melambung di Afghanistan Usai Taliban Larang Produksinya?

Hompimpa dilakukan dengan mengayun-ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri serta ke atas dan ke bawah sambil mengucapkan "Hompimpa alaium gambreng!" Secara bersama-sama.

Ketika sampai pada kalimat gambreng, maka semua orang akan menunjukkan salah satu bagian tangannya, baik itu telapak tangan atau punggung tangan untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah.

Tapi, siapa sangka kalimat ajaib hompimpa alaium gambreng ternyata memiliki makna yang sakral. Kalimat hompimpa ini berasal dari bahasa Sansekerta.

Hompimpa alaium memiliki arti 'dari Tuhan dan kembali ke Tuhan’. Sedangkan gambreng sendiri artinya ‘ayo bermain’ yang digunakan sebagai aba-aba.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X