Ini 5 Cara Agar Rumahmu Aman dari Setan dan Bisa Bangun Rumahku Surgaku

- Jumat, 24 September 2021 | 22:31 WIB
Ilustrasi Rumah (Foto: Scott Web)
Ilustrasi Rumah (Foto: Scott Web)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Rumah kerap kali diusahakan menjadi surga dunia, agar konsep rumahku surgaku atau baiti jannati bisa terepresentasi dengan baik.

Salah satu penghalang harmonisnya keluarga dan suasana rumah, yakni setan.

Setan tentu saja menjadi salah satu musuh manusia dan akan merusak kehidupan manusia dengan berbagai cara, termasuk merusak keluarga.

Dalam mewujudkan konsep rumah surga atau baiti jannati, Rasulullah SAW bersabda,

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Dilansir dari SINDONews, Jumat (23/9/2021), maksud dari hadis ini ialah meramaikan rumah bukanlah dengan hal- hal yang tidak baik, namun ramaikanlah isi rumah dengan lantunan ayat- ayat suci Al-Quran. Rumah yang tak terdengar ayat suci Al-Quran layaknya kuburan. Ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat membentuk konsep baiti jannati.

Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat membangun konsep baiti jannati ini dan dijauhkan dari gangguan setan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membentengi rumah ini:

1. Membiasakan mengucap salam dan berdzikir saat masuk rumah

Allah Ta'ala berfirman,

“.......Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.....” (QS. An Nur: 61).

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: sindonews.com, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Sosialisasikan Program Desa Peduli Pemilu

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:18 WIB
X