Suyanto Gondokusumo Tak Hadir Saat Ditagih Utang oleh Satgas BLBI Senilai Rp904,4 Miliar

- Jumat, 24 September 2021 | 21:06 WIB
Pelaksanaan pemasangan plang pada aset-aset yg diamankan Satgas BLBI. (Satgas BLBI)
Pelaksanaan pemasangan plang pada aset-aset yg diamankan Satgas BLBI. (Satgas BLBI)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Satgas BLBI memanggil Suyanto Gondokusumo terkait dirinya yang masuk dalam daftar salah satu obligator BLBI dengan harus membayar utang ke negara senilai Rp904,4 miliar.

Sayangnya, dalam pemanggilannya pada Jumat (24/9/2021) itu, Suyanto tidak hadir.

Suyanto hanya diwakili kuasa hukumnya, Jamaslin James Purba karena kliennya sedang sakit di Singapura.

Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam itu, James mengatakan meminta bukti lengkap terkait nilai utang yang dilayangkan Satgas BLBI.

Jika melihat catatan Satgas BLBI, utang Rp 904,4 miliar yang ditagihkan ke Suyanto dalam rangka Penyelesaian Kewajiban Pemegang Saham (PKPS) Bank Dharmala.

"Dengan ini kami menyatakan bahwa Klien kami masih membutuhkan waktu untuk kembali memeriksa segala bukti-bukti dan seluruh dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hal tersebut," kata James dilansir dari kumparan.

Baca Juga: Pembalap Mercedes AMG Petronas F1 Team Valtteri Bottas, Raih Posisi 1 Latihan Pertama Grand Prix Rusia

James berkata, metode penyelesaian yang sudah dilaksanakan adalah melalui perjanjian MSAA (Master Settlement and Acquisition Agreement), yaitu penyelesaian kewajiban melalui penyerahan aset dan tagihan.

Master of Settlement and Acquisition Agreement (MSAA) dalam rangka penyelesaian perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dinilai merupakan kebijakan negara yang dilakukan secara sah, final, dan mengikat.

James pun merujuk Pasal 1865 KUHPerdata yaitu setiap orang yang mengaku mempunyai suatu hak, atau menunjuk suatu peristiwa untuk meneguhkan haknya itu atau untuk membantah suatu hak orang lain, wajib membuktikan adanya hak itu atau kejadian yang dikemukakan itu.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Sosialisasikan Program Desa Peduli Pemilu

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:18 WIB
X