Buka Bukaan Novel Baswedan Terkait Pemeriksaan Anies Baswedan Oleh KPK

- Kamis, 23 September 2021 | 18:36 WIB
Novel Baswedan
Novel Baswedan

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif, Novel Baswedan selalu dikaitkan dengan pemeriksaan yang dilakukan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Novel Diisukan ikut melindungi Anies Baswedan dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK terhadap mantan Menteri Pendidikan Era pertama Joko Widodo menjabat Presiden tersebut.

Anies Baswedan diperiksa terkait pada kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Novel, siapapun bisa diperiksa oleh KPK jika memang pihak tersebut terkait dengan perkara yang ditangani lembaga anti rasuah tersebut.

Novel juga membantah jika dirinya berupaya untuk melindungi Anies untuk diperiksa, karena memang dirinya tidak sedikitpun terlibat dalam penanganan kasus tersebut.

Apalagi pemeriksaan Anies dilakukan saat Novel sudah non aktif dari KPK dan akan dipecat per 30 September 2021 karena tidak lulus pada tes TWK yang dilakukan KPK.

"Tapi, kalau dikaitkan dengan diri saya, kita paham bahwa di KPK harusnya orang-orang berintegritas. Ketika kemudian ada yang mengatakan saya bisa mengatur semuanya, artinya orang itu ingin mengatakan bahwa di KPK orang enggak berintegritas, saya kira dia salah," ujar Novel dalam program Mata Najwa, Rabu (22/9) dikutip dari cnnindonesia.com.

Selain itu menurutnya, di KPK ada pembagian tugas dan ada bagain masing masing dalam menangani perkara dan tidak akan bisa diintervensi, meskipun oleh pihak dalam KPK sendiri.

Ditegaskannya lagi, jika memang dirinya ikut campur dalam pemeriksaan Anies, maka akan terungkap nantinya di persidangan.

"Kalau seandainya di KPK enggak diperiksa, tapi kan di sidang akan dilihat, orang semua akan tahu karena sidang terbuka. Jadi, kalau seandainya ada yang ingin menutupi di proses penyidikan dengan cara-cara seperti itu, percuma di penyidikan akan terbuka. Semuanya jelas," tegas Novel.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: CNN Indonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RI Ambil Alih Kendali Udara di Natuna dari Singapura

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:34 WIB
X