56 Pegawai KPK di Pecat, Aliansi BEM Seluruh Indonesia Ultimatum Jokowi Angkat Mereka Jadi ASN dalam 3x24 Jam

- Kamis, 23 September 2021 | 17:45 WIB
Jokowi (news.detik.com)
Jokowi (news.detik.com)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - 56 Pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK akan dipecat secara hormat.

Diketahui pula Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tersebut menjadi salah satu syarat diangkatnya pegawai KPK sebagai ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 19 tahun 2019 tentang KPK.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa  Seluruh Indonesia atau BEM SI, bersama dengan Gerakan Selamatkan KPK atau GASAK, memberikan ultimatum kepada Presiden Jokowi secara terbuka pertanggal 23 September 2021 dengan dasar meminta kembali sang Presiden untuk menindaklanjuti hasil tes TWK dari 56 pegawai KPK yang terancam dipecat tersebut.

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Aliansi BEM Seluruh Indonesia Ultimatum Jokowi: Angkat 56 Pegawai KPK Jadi ASN dalam 3x24 Jam, pegawai-pegawai KPK yang terancam dipecat tersebut merupakan pegawai yang memiliki reputasi dan sedang membongkar kasus-kasus korupsi besar yang menggerogoti negara.

Baca Juga: Sekum PP Muhammadiyah Sebut Serangan terhadap Ustaz Belakangan Ada Agenda Tersendiri

Adapun isi dari ultimatum tersebut adalah sebagai berikut:

"Presiden sebagai Pemimpin Pemerintahan serta sesuai Pasal 3 PP Nomor 17 Tahun 2020 yang menegaskan posisi Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pembinaan PNS berwenang menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS.

Singkatnya, Presiden memiliki kewenangan menindaklanjuti hasil TWK didasarkan putusan MA serta PP 17/2020 sebagai pemimpin ASN tertinggi sehingga berpeluang untuk melantik dan memulihkan hak pegawai karena didasarkan pada pelaksanaan TWK yang tidak sah, berkeadilan dan rasional dengan didasarkan pada laporan faktual dari Komnas HAM dan ORI," sebut BEM SI dan GASAK dalam Surat Terbuka yang diterima Pikiran-rakyat.com pada 23 September 2021.

Baca Juga: Baru Satu Bulan Bebas, Residivis di Pekanbaru Malah Bongkar Toko

BEM SI bersama dengan GASAK berharap Presiden Jokowi menepati janjinya dan berpihak kepada bangsa dan rakyat.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Heboh, Siswi SMP Melahirkan di Toilet Sekolah

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:46 WIB
X