Pengendara Wajib Tau, Ketahuan Merokok atau Nyebat saat Mengendara, Dapat Terkena Pidana Kurungan Penjara

- Rabu, 22 September 2021 | 22:25 WIB
Ilustrasi Asap Rokok (maxknoxfill)
Ilustrasi Asap Rokok (maxknoxfill)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Kepolisian Republik Indonesia melalui Direktur lantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo, menjelaskan etika dalam berkendara.

Ia menuturkan bahwa petugas kepolisian berhak untuk menindak tegas para pengendara yang sambil merokok.

Sambodo menuturkan bahwa memang tidak ada aturan khusus ataupun pasal-pasal yang mengatur tentang mengendarai sambil merokok harus ditilang.

Namun jika berpedoman pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 tersebut masih bisa diterapkan untuk menjerat para pengendara yang mengendarai sambil nyebat.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Dirlantas Polda Metro Jaya: Berkendara Sambil Merokok Bisa Dihukum Penjara . Di lansir dari ANTARA, Sambodo mengatakan bahwa mereka yang melanggar pasal 106 dapat dikenakan denda bahkan pidana penjara, dimana pada pasal tersebut berbunyi, "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

Baca Juga: Masyarakat Kenegerian Teratak Air Hitam Antusias Ikuti Vaksinasi Jenis Moderna Tahap 1

Seperti disebutkan Pasal 106, dapat dipidana kurungan 3 bulan atau denda paling banyak Rp750 ribu," katanya dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 22 September 2021.

Sambodo kemudian mengungkap kemungkinan soal hukuman bagi pengendara yang merokok dan menyebabkan terjadinya kecelakaan.

"Jika karena merokok menyebabkan kecelakaan, maka penegakan hukumnya merokok mengakibatkan terjadi kecelakaan tapi itu perlu pembuktian."

Selama ini, polisi kerap menindak pengendara yang merokok dengan menilangnya atau memberikan teguran.*** (Rio Rizky Pangestu/Pikiran-Rakyat.com)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Positif Covid-19 Hari Ini Bertambah 404 Orang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:21 WIB

Erick THohir Minta Semua Fasilitas Umum di BUMN Gratis

Jumat, 26 November 2021 | 16:38 WIB

Larangan Masuk Terhadap WNI ke Arab Saudi Dihapus

Jumat, 26 November 2021 | 15:32 WIB
X