Kapal Asing Melintas di Perairan Natuna, Pangkoarmada: Juga Bisa Eksploitasi SDA Sesuai Syarat

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:34 WIB
Ilustrasi kapal. (pixabay/bogitw)
Ilustrasi kapal. (pixabay/bogitw)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Tersiarnya kabar ribuan kapal asing yang berada di perairan Natuna, disangkal oleh TNI Angkatan Laut (AL).

Berdasarkan hasil patroli pada Jumat (17/9/2021) pihak TNI AL tak menemukan kapal asing yang mencari ikan di wilayah Indonesia.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I TNI Angkatan Laut (AL), Arsyad Abdullah menyampaikan pihaknya hanya melihat empat kapal asing melintas yang mana itu dibolehkan.

"Karena ZEE adalah perairan internasional di mana merupakan hak lintas damai dari negara-negara yang akan melintas di perairan tersebut," ucap Arsyad Abdullah dikutip dari Antara pada Jumat (17/9/2021).

Jika ada kapal asing yang ingin mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) di laut Indonesia, hal itu dibolehkan asalkan mengantongi izin dari pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Pakar Hukum Internasional UI: Nelayan China Akan Selamanya di Laut Natuna Utara

"Indonesia hanya memiliki hak berdaulat di sana, jadi bukan kedaulatan. Hak berdaulat itu berarti kita memiliki hak untuk melaksanakan eksplorasi dan eksploitasi," terang Arsyad Abdullah.

"Bagi negara lain yang ingin memanfaatkan sumber daya alam di ZEE atau di landas kontinen, dia boleh namun harus ada izin dari pemerintah Indonesia," imbuhnya.

Sementara jika kapal itu sekadar melintas, maka tidak diperlukan izin dari pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, hadirnya sejumlah kapal asing di Laut Natuna Utara disampaikan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analis Politik Anggap Ma'ruf Amin Cuma Ban Serep?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:23 WIB

Banyak Kasus, Berikut Cara Cek Legalitas Pinjol

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:27 WIB

Nikita Mirzani Berharap Rachel Vennya di Penjara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X