Soal Pengkiritk lewat Mural dan Poster Ditangkap, Jokowi: Saya Tak Antikritik, Sudah Biasa Dihina

- Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB
Presiden. (Istimewa)
Presiden. (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Belakangan terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai bejibun aksi kritik. Uniknya, aksi kritik yang ditujukan ke Jokowi bukan dengan cara demonstrasi besar-besaran, tetapi melalui wadah komunikasi seperti mural dan poster.

Sayangnya, beberapa dari pelaku yang menyampaikan kritik diburu aparat hukum, dan beberapa di antaranya berhasil ditangkap.

Merespons aksi penangkapan tersebut, Jokowi menampik dan mengatakan penangkapan tersebut bukan perintah dari dia. Sebab menurutnya ia bukan orang yang antikritik.

"Saya tidak antikritik. Sudah biasa dihina. Saya dibilang macam-macam, dibilang PKI, antek asing, aseng, plonga plongo. Itu sudah makanan saya sehari-hari,” kata Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Negara, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Geram dengan Kapal China di Natuna, Puan Maharani Desak Jokowi Protes ke China

Jokowi bahkan menegur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas tindakan kepolisian yang reaktif tersebut. Kepada presiden, Sigit mengaku kebijakan itu inisiatif bawahannya.

"Pak Kapolri mengatakan itu bukan kebijakan kita, tapi Kapolres. Dan Kapolres juga menyatakan, itu bukan kebijakan mereka, tapi inisiatif di Polsek. Saya minta jangan terlalu berlebihan,” kata Jokowi.

Jokowi juga bercerita terkait aksi membentangkan poster yang dilakukan Suroto saat kunjungan kerja presiden di Blitar pada 7 September lalu. Poster tersebut berisi permintaan agar peternak bisa membeli jagung dengan harga yang wajar.

“Saya baca kok isi posternya. Biasa saja. Yang di Blitar itu juga hanya peternak ayam menyampaikan soal pakan. Ini tadi saya undang ke sini,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Kapal Pengayoman IV Tenggelam, 2 Orang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analis Politik Anggap Ma'ruf Amin Cuma Ban Serep?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:23 WIB

Banyak Kasus, Berikut Cara Cek Legalitas Pinjol

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:27 WIB

Nikita Mirzani Berharap Rachel Vennya di Penjara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X