Kapal China Beroperasi di Laut Natuna Utara, TNI AL Kerahkan 5 KRI

- Jumat, 17 September 2021 | 15:48 WIB
Ilustrasi kapal. (pixabay/bogitw)
Ilustrasi kapal. (pixabay/bogitw)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia mengadukan bahwa ada ribuan kapal China yang beroperasi di Laut Natuna Utara dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi I DPR RI pada Senin (13/9/2021) lalu.

Setelah ditelusuri, sejumlah kapal China diduga beroperasi di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara. Mendengar kabar itu, Panglima Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut (AL) Arsyad Abdullah merespons kabar tersebut.

Arsyad Abdullah mengatakan pada Kamis (16/9/2021), TNI AL akan melakukan misi penerbangan ke Laut Natuna Utara pada hari ini, Jumat (17/9/2021).

Dikutip dari pemberitaan media Malaysia Benar News, misi penerbangan itu bertujuan untuk melakukan patroli di Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Teror KKB di Papua Kembali Tejadi, Nakes Dikejar Hingga Lompat ke Jurang 30 Meter

Arsyad Abdullah menegaskan, sikap TNI AL sangat jelas yakni melindungi kepentingan nasional di wilayah yuridiksi Indonesia dan menolak toleransi terhadap berbagai bentuk pelanggaran.

Lebih jauh, ia mengaku TNI AL mengerahkan 5 KRI dalam mengamankan Laut Natuna Utara. Dalam satu waktu, jumlah kapal yang berpatroli bisa mencapai 3 sampai 4.

Sebelumnya, Bakamla sempat mengadukan bahwa mereka kesulitan untuk melakukan pemantauan dan sempat meminta bantuan ke TNI AU.

"Kami kerja sama dengan TNI AU untuk melakukan pemantauan udara di Laut Natuna Utara, dan Alhamdulillah mereka mendukung, tapi saat pesawat digunakan kami tidak bisa apa-apa, jadi Bakamla minta pesawat sendiri," sebut Sekretaris Utama Bakamla, Laksda S. Irawan.

Baca Juga: Mendapat Apresiasi dari Jokowi, Para Badminton Asal Kampar Riau Leani Ratri Oktila Terima Bonus Rp 13,5 Miliar

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analis Politik Anggap Ma'ruf Amin Cuma Ban Serep?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:23 WIB

Banyak Kasus, Berikut Cara Cek Legalitas Pinjol

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:27 WIB

Nikita Mirzani Berharap Rachel Vennya di Penjara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X