Menkes Ungkap Covid Varian Asal Indonesia dan Imbau Bahayanya

- Kamis, 16 September 2021 | 17:25 WIB
Menkes, Budi Gunardi. (Youtube/Sekretariat Presiden)
Menkes, Budi Gunardi. (Youtube/Sekretariat Presiden)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Seiring bergulirnya waktu di masa pandemi ini, beragam varian Covid-19 telah terdeteksi di beberapa negara. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan jangan mengabaikan varian-varian baru Covid-19 ini, karena beberapa varian telah masuk ke Indonesia.

Namun, tak disangka dan sedikit yang mengetahui bahwa di tanah air juga memiliki variannya sendiri. Kabar baiknya, sejauh ini varian tersebut tak diidentifikasi sebagai varian berbahaya.

"Yang asli Indonesia ada nomornya kalau enggak salah B 1466.2. Tapi itu tidak diidentifikasi sebagai varian berpotensi berbahaya. Varian lokal itu sudah sangat kalah dibandingkan varian Delta," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI, dilansir dari CNBCIndonesia, Senin (13/9/2021).

Mengenai varian lainnya yang dianggap berbahaya, Budi menuturkan ada empat varian yang masuk dalam kategori itu yakni Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Varian tersebut semuanya diidentifikasi berasal dari luar Indonesia.

Baca Juga: Jalani Sidang Gugatan KSP Moeldoko, Demokrat: Bukti yang Diberikan di Pengadilan Tidak Nyambung!

Budi juga menjelaskan cara pemerintah untuk menekan timbulnya varian dari luar negeri itu. Yakni dengan memperkuat perbatasan Indonesia dengan negeri luar.

"Sudah mengidentifikasi semua bandara, pelabuhan dan lintas batas darat. Untuk memastikan kantor karantina di sana diperkuat," ungkapnya.

Langkah selanjutnya yang pihaknya terapkan yakni mengurangi titik masuk ke Indonesia yang digunakan.

"Jadi lainnya harus masuk dari jalur tertentu," ucap Budi.

Di sisi lain, Indonesia masih terus menerima pegawai migran, yang mana di negara asalnya tidak seluruh dari pegawai itu sudah divaksinasi.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:37 WIB

LPSK Sebut Istri Fredy Sambo Kurang Kooperatif

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:06 WIB

Perdana, AHM Hadirkan Program Vokasi Berbasis TEFA

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:55 WIB
X