KPK Resmi Berhentikan Pegawai karena Tak Lolos TWK

- Rabu, 15 September 2021 | 19:14 WIB
Ilustrasi  |  Sumber : kpk.go.id
Ilustrasi | Sumber : kpk.go.id

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan memberhentikan sebanyak 56 pegawai KPK lantaran tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) per 30 September 2021.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menjelaskan, dari 56 orang yang diberhentikan tersebut, 6 orang diantaranya diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat bela negara namun tidak mengikuti sehingga harus diberhentikan.

"Memberhentikan dengan hormat kepada 50 orang pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) per tanggal 30 September 2021," kata Alexander dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Pengadaan Tissue Procecing Di RSUD Siak, Komisi IV DPRD Siak Nilai Perencanaan Pihak Rumah Sakit Tidak Matang

"Terhadap 6 (enam) orang pegawai KPK yang dinyatakan TMS dan diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan namun tidak mengikutinya, maka tidak bisa diangkat menjadi ASN dan akan diberhentikan dengan hormat per tanggal 30 September 2021," ujarnya menambahkan.

Di luar jumlah tersebut, ada 18 pegawai KPK yang dinyatakan TMS namun masih dapat dilakukan pembinaan dan telah mengikuti Diklat bela negara dan lolos.

"Hari ini, Rabu 15 September 2021, kepada 18 pegawai yang lulus Diklat Bela Negara di UNHAN dimaksud, telah dilantik dan diangkat sumpah sebagai ASN dan juga sebagai penyelidik dan penyidik," ujarnya.

Baca Juga: Unicef dan WHO Dorong Pemerintah RI Buka Kembali Sekolah, Murid Menanggung Kerugian Pembelajaran Jarak Jauh

Alexander pun menegaskan, bahwa penghentian pegawai KPK bukan karena berlakunya Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 1 Tahun 2021 ataupun peraturan lainnya.

Namun karena hasil asessmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai dimaksud dinyatakan tidak lulus.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Live Konten Seks, Selebgram RR Digrebek Polisi di Bali

Jumat, 17 September 2021 | 21:40 WIB

Hina Agama, Kini Muhammad Kece Dianiaya di Dalam Tahanan

Jumat, 17 September 2021 | 21:30 WIB

Kapal Pengayoman IV Tenggelam, 2 Orang Meninggal Dunia

Jumat, 17 September 2021 | 16:21 WIB
X