Tahun Depan, Masyarakat Bisa Beli dan Pilih Vaksin Booster di Apotek

- Senin, 13 September 2021 | 19:56 WIB
illustrasi vaksin nusantara
illustrasi vaksin nusantara

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Tak terasa, beberapa bulan lagi sudah memasuki tahun 2022. Sebab itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan sejumlah rencana vaksinasi COVID-19 untuk tahun depan.

Salah satunya adalah pembelian vaksin dosis ketiga (booster) secara mandiri oleh masyarakat.

“B2B (Business to Business) biasa, rakyat bisa beli vaksinnya sendiri, jenis vaksinnya akan kami tentukan yang sudah dapat emergency use listing dari WHO dan orang-orang bisa memilih vaksinnya, sama seperti beli obat di apotek,” papar Budi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI secara hybrid, Senin (13/9/2021).

Menurut Budi, hal ini bertujuan supaya masyarakat bisa memilih vaksin booster sesuai yang diinginkan. Namun rencana ini masih perlu pembahasan lebih detail, termasuk dengan DPR.

"Akan kami buka pasarnya agar masyarakat bisa memilih, dia mau membeli booster vaksin apa. Ini masih perlu kami finalisasi lagu dengan pemerintah dan sebagai masukan awal buat Bapak Ibu Dewan," terang Budi.

Baca Juga: Seorang Dokter di Semarang Diduga Lakukan Pelecehan Seksual ke Istri Temannya dengan Cara Aneh

Saat ini, ada enam merek vaksin yang sudah memperoleh emergency use listing dari WHO, yaitu vaksin Pfizer/BioNTech, Moderna, AstraZeneca, Sinovac, Sinopharm, dan Janssen (Johnson & Johnson).

Budi menuturkan rencananya negara hanya akan menanggung biaya vaksinasi masyarakat penerima bantuan iuran (PBI) mulai tahun depan.

“Rencananya, nanti tahun depan negara hanya akan membayari yang PB dan juga yang PBI akan mendapatkan satu kali booster. Kebutuhan dosisnya adalah sejumlah orang mendapatkan booster ditambah buffer 10 persen,” paparnya.

Selain itu, vaksinasi corona dua dosis untuk anak-anak mulai dari usia 12 tahun juga akan dibayari negara melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Live Konten Seks, Selebgram RR Digrebek Polisi di Bali

Jumat, 17 September 2021 | 21:40 WIB

Hina Agama, Kini Muhammad Kece Dianiaya di Dalam Tahanan

Jumat, 17 September 2021 | 21:30 WIB

Kapal Pengayoman IV Tenggelam, 2 Orang Meninggal Dunia

Jumat, 17 September 2021 | 16:21 WIB
X