Dinilai Tak Tegas, Jokowi Didesak Bersikap Soal Isu Jabatan Presiden 3 Periode

- Sabtu, 11 September 2021 | 19:26 WIB
Presiden. (Istimewa)
Presiden. (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada (UGM), Zainal Arifin Mochtar, menilai presiden tidak memberikan garis yang jelas soal isu jabatan tiga periode.

Sebab itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu menegaskan sikapnya terkait masa jabatan karena persoalan itu kian ke mari kian jadi perbincangan.

"Sekarang ketika isu amandemen naik, saya pikir harusnya mungkin bayangan saya presiden memberikan pesan yang jelas.'Persoalan amandemen silakan MPR, tapi kalau soal masa jabatan saya strict' misalnya, itu nggak nampak tuh yang itu," kata Zainal dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (11/9/2021).

Pria yang akrab disapa Uceng itu menilai, Presiden Jokowi seharusnya memberi pesan yang jelas bahwa dirinya tegas menolak penambahan masa jabatan presiden. Pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut bahwa amandemen merupakan domain MPR dinilai sudah diketahui masyarakat.

Baca Juga: Ramai Kabar PeduliLIndungi untuk Mata-matai Pengguna, Kominfo Buka Suara

"Harusnya pesan itu ada bahwa 'saya tidak akan mengkhianati konstitusi' misalnya kalau mengutip bahasa Obama (Presiden Amerika Serikat), dan lanjut saja silakan MPR tapi khusus soal masa jabatan mungkin titik sampai sini," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid sepakat dengan yang disampaikan Zainal. Alangkah baiknya presiden menegaskan kembali sikapnya ke publik terkait masa jabatan.

"Kalau Pak Jokowi berkenan menjelaskan lagi, menegaskan lagi, bahkan ada yang menggoreng menambah masa jabatan tiga tahun kan. Menurut saya beliau perlu menegaskan lagi, itu lebih bagus lagi," imbaunya.

Sementara itu juru bicara Presiden RI, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa Presiden sudah menjawab terkait isu masa jabatan sebanyak dua kali. Pertama yaitu pada 2 Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Hari Ini, 20 Tahun Lalu Peristiwa 2 Pesawat Komersial Tabrak Twin Tower WTC New York

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Live Konten Seks, Selebgram RR Digrebek Polisi di Bali

Jumat, 17 September 2021 | 21:40 WIB

Hina Agama, Kini Muhammad Kece Dianiaya di Dalam Tahanan

Jumat, 17 September 2021 | 21:30 WIB

Kapal Pengayoman IV Tenggelam, 2 Orang Meninggal Dunia

Jumat, 17 September 2021 | 16:21 WIB
X