DPR RI Desak Pemerintah Pusat Hapus Retribusi Lelang Ikan di Daerah Jika Terapkan Pajak Perikanan

- Kamis, 9 September 2021 | 22:13 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono. (Istimewa)
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono. (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Menanggapi aturan baru soal perikanan, DPR RI meminta pemberlakuan pajak perikanan diiringi dengan penghapusan retribusi lelang yang ada di daerah.

Sebab menurut DPR RI, tanpa penghapusan retribusi lelang, penarikan pajak perikanan akan sangat memberatkan para nelayan.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2021 terkait pengelolaan Penerimaan Negara Bukan pajak (PNBP) sektor kelautan dan perikanan.

Penarikan pajak ini dianggap akan berbenturan dengan retribusi yang ditarik pemerintah daerah di rumah lelang ikan. Itu sebabnya, DPR RI berharap, biaya retribusi dihapus.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono dalam raat dengar pendapat (RDP) antara Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan, beberapa waktu lalu.

“Di beberapa daerah, nelayan sudah dipungut retribusi lelang yang nilainya sekitar 10 persen. Kalau pajak ditarik lagi 5 persen, waduh berat,” kata Ono.

Baca Juga: Hari Olahraga Nasional Jadi Penanda DBON Miliki Payung Hukum

Jalan tengah yang diambil agar nelayan tidak terlalu diberatkan dengan dua pembayaran, menurut Ono adalah dengan menghilangkan retribusi daerah. Dicontohkan Ono, Jawa Barat dan Jawa Tengah itu pemerintah daerahnya menarik retribusi.

Langkah penarikan retribusi di rumah lelang itu diikuti sejumlah daerah lain. Daerah yang tidak memungut retribusi salah satunya Jakarta.

“Solusinya, hapuskan retribusi daerah, pungutan yang diwajibkan kepada nelayan hanya pajak perikanan. Ini langkah untuk meringankan beban nelayan. Jangan sampai aturan yang dibuat seolah dianggap tidak pro kepada nelayan,” usul Ono yang dikenal sebagai tokoh nelayan pantura.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: haluanpadang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dubes Ukraina Ingatkan Ri Tipu Muslihat Putin

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:12 WIB

10 Hari Lagi, Gaji ke-13 PNS Cair

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:03 WIB
X