Hari Olahraga Nasional Jadi Penanda DBON Miliki Payung Hukum

- Kamis, 9 September 2021 | 21:43 WIB
(Pixabay/sasint)
(Pixabay/sasint)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Hari ini, Kamis (9/9/2021) menjadi momen spesial di kancah olahraga karena momen perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengumumkan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON resmi memiliki payung hukum yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021.

"Bapak Presiden Joko Widodo pada hari ini, 9 September 2021 telah menandatangani Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain besar Olahraga Nasional," kata Zainudin Amali pada peringatan Haornas 2021 di gedung GRO POPKI Cibubur.

"Ini juga sebagai penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia."

"Dengan ditandatanganinya Perpres pada hari ini oleh Bapak Presiden itulah sebagai penanda dari dimulainya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional," ucapnya.

Dilihat balik ke belakang, DBON memang lahir lewat arahan Presiden Jokowi kepada Menpora.

Baca Juga: HUT ke-20 Partai Demokrat, AHY Sebut Buzzer Perusak Demokrasi dan Serang Partai

Presiden meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional dan melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi serta melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.

Dengan demikian, Amali dan pihaknya menyusun DBON sebagai panduan dan pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga.

"Kami sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan. Untuk menghasilkan prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, yang terencana terstruktur dan berkesinambungan," tutur Amali.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: bola.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RI Ambil Alih Kendali Udara di Natuna dari Singapura

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:34 WIB
X