Cholil Nafis Sebut Pinjol Seperti Rentenir dan Haram Hukumnya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:15 WIB
(mui.or.id)
(mui.or.id)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Muhammad Cholil Nafis juga menyoroti maraknya pinjaman online (pinjol) yang kian meresahkan. Ketika banyak kalangan mengutuk pinjol dengan amarah, Cholil melihat sisi lain pinjol yakni praktinya hampir tak ada bedanya dengan rentenir.

Ia mengatakan hal itu disebabkan dalam praktiknya pinjol kerap kali mengabaikan sisi kemampuan bayar bagi peminjam.

"Pinjol kontasinya rentenir sehingga membuat kehidupan benjol," ucap Cholil Nafis, dikutip dari akun Twitter @cholilnafis pada Selasa (31/8/2021).

Dosen UIN Syarif Hadayatullah itu menjelaskan bahwa dalam praktik pinjol, pemodal mudah menyetujui seseorang untuk meminjam.

"Mudah cari pinjamannya tanpa melihat kemampuan bayar dan bunganya gede. Tapi Giliran nagih seperti pesakitan," ucapnya.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukwah MUI Pusat itu juga menyatakan bahwa pinjol dengan penjelasan yang dia maskud adalah haram hukumnya.

"Ini haram hukumnya," katanya.

Lebih lanjut, Cholil Nafis mengatakan bahwa pinjol seharusnya bisa memudahkan dan membantu orang lain dalam mencari pinjaman.

Menurutnya, ada hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan transaksi pinjaman online, yaitu etika dan moralitas agar terciptanya iklim pinjol yang sehat.

"Seyogyanya pinjol itu memudahkan dan dilandasi moral dan etika," tandasnya. (Pikiran-Rakyat.com/Ikbal Tawakal)

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Program Kartu Prakerja Dilanjutkan Hingga Tahun Depan

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:52 WIB

Hari Ini Harga Emas Antam Haik Rp 1000 per Gram

Selasa, 30 November 2021 | 11:40 WIB
X