Teror Pinjol hingga ke Kerabat Korban, Begini Mereka Melakukannya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:47 WIB
Ilustrasi kampanye tolak pinjol ilegal. (Twitter)
Ilustrasi kampanye tolak pinjol ilegal. (Twitter)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pinjaman online (pinjol) bak penolong yang siap menerkam peminjamnya hidup-hidup. Pasalnya, di tengah keterhimpitan ekonomi, pinjol memang bisa menutupi kebutuhan sehari-hari tapi juga mematikan karena sistemnya yang curang.

Kerap kali pinjol saat menagih pinjaman meneror kerabat peminjam juga. hal itu selain meresahkan juga membuat malu si peminjam.

Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, dilansir dari kumparan, Senin (30/8/2021), salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman adalah memberikan akses aplikasi pada kontak dan file di perangkat ponsel peminjam.

“Bukan hanya kontak yang sering dihubungi, namun semua kontak. File rahasia, foto, serta dokumen juga akan dipegang,” kata Alfons. “Itu yang akan digunakan untuk mengeksploitasi peminjam kalau dia menunggak.”

Terkait pinjol yang bisa mengakses kontak si peminjam ini, Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi turut angkat bicara.

Dalam utas di akun Twitter @ismailfahmi, ia mengungkapkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mensyaratkan aplikasi pinjol legal hanya boleh mengakses "Camilan" —camera, microphone, dan location di ponsel pengguna.

“Ada pinjol yang comply (mematuhi) dengan syarat itu. Tp ada juga yang ambil data lebih," tweet Ismail.

Data berlebih yang diambil ini memungkinkan aplikasi pinjol untuk membaca semua riwayat URL yang telah dikunjungi pengguna di browser, membaca bookmark di browser, hingga melihat koneksi WiFi pengguna.

Bahkan untuk aplikasi pinjol ilegal, data pengguna yang dicuri lebih parah. Seperti aplikasi pinjol ilegal yang dicontohkan Ismail bernama Gudang Tunai. Bukan hanya Camilan, tapi juga contact history, contact card, storage (foto, video) serta phone call.

Lantas, bagaimana cara agar nomor ponsel yang bukan peminjam, bisa aman dari aplikasi pinjol biar gak ditelpon sembarangan, ya?

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Kasus Positif Covid-19 Hari Ini Bertambah 404 Orang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:21 WIB

Erick THohir Minta Semua Fasilitas Umum di BUMN Gratis

Jumat, 26 November 2021 | 16:38 WIB

Larangan Masuk Terhadap WNI ke Arab Saudi Dihapus

Jumat, 26 November 2021 | 15:32 WIB
X