Antisipasi Mafia Hutan, 57 Anggota SPORC Dilantik Menteri LHK, Fokuskan Pada 16 Titik

- Minggu, 12 Desember 2021 | 11:21 WIB
Siti Nurbaya (KementerianLHK)
Siti Nurbaya (KementerianLHK)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Menteri Lingkunngan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya baru-baru ini melantik 57 anggota SPORC pada 11 Desember 2021 di Sukabumi.

Pelantikan Anggota SPORC (Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat) diresmikan oleh Kementerian LHK di penghujung acara dan akan disebarkan di 16 titik wilayah Indonesia.

57 personil SPORC dikukuhkan demi memberantas mafia lingkungan dan hutan yang semakin merajalela.

"Dengan begitu, upaya penegakan hukum terhadap kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan dapat dilaksanakan dengan optimal. Keberadaan SPORC memiliki peran penting dalam penindakan terhadap pelaku kejahatan di sektor kehutanan." tulis KementerianLHK (11/12/2021).

Dalam pelantikan itu, Menteri Siti Nurbaya juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut dan menyampaikan beberapa poin kepada 57 anggota SPORC.

Baca Juga: Korban Pemerkosaan Herry Wirawan Bertambah Jadi 21 Orang, Seluruhnya Dibawah Umur

"Tugas ini tidak akan mudah. Namun dengan sinergitas bersama segenap elemen masyarakat, semua akan bisa diselesaikan, demi hutan lestari dan masyarakat sejahtera." tutur Menteri LHK.

Sebelumnya, 57 anggota SPORC  menjalani pelatihan di Lembaga pendidikan dan pelatihan (Lemdiklat POLRI) sekolah pendidikan (Setukpa) di Sukabumi, Jawa Barat selama 45 hari.

Selama mengikuti pelatihan, peserta mendapat berbagai materi, antara lain berupa kesamaptaan, bela diri, Jungle Survival, menembak dan sebagainya. Proses pelatihan ditutup dengan Latihan berganda (Latganda) dgn Long March dari Setukpa Polri Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu selama 2 hari.

Menteri LHK Siti berharap bahwa hadirnya SPORC dapat meningkatkan keamanan hutan lebih terjamin keselamatannya dari pelaku kejahatan lingkungan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X