Bulan Menanam Nasional, Lintas Komunitas di Pekanbaru Gotong Royong Lorong Hijau Tabulapot

- Minggu, 5 Desember 2021 | 20:30 WIB
Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada aksi gotong royong Lorong Hijau Tabulpot
Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada aksi gotong royong Lorong Hijau Tabulpot

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Bersempena dengan Bulan Menanam Nasional, lintas komunitas menggelar aksi gotong royong Lorong Hijau Tanaman Buah Dalam Pot atau Tabulampot. Penghijauan dilakukan pada kawasan padat penduduk di Kota Pekanbaru, Minggu (5/12).

Kegiatan perdana bertempat di Perumahan Cipta Karya Mandiri RW 23, Jalan Cipta Karya, Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani. Acara diawali dengan senam sehat dan gotong royong masyarakat menanam tabulapot bersama perwakilan komunitas dan lembaga. Di antaranya, PWI Riau, Jikalahari, Walhi Riau, ParadigmaRI, KNPI Riau, Komunitas Rimbawan Hijrah, Mapala Suluh FKIP UR, Mafakumpala UIR, Mapala Humendala UR, Brimapala Sungkai Faperta UR, Phylomina FPK UR, BEM Unilak, Generasi Penggerak, Joom Melala, JAPNAS Riau, UCLG ASPAC, PFI Pekanbaru, Duta Lingkungan Pekanbaru, dan Mapedallima Hang Tuah.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus memberikan apresiasi atas inisiasi dan kerja kolaborasi lintas komunitas yang telah menggelar gotong royong program Lorong Hijau Tabulapot ini.

"Kami berterima kasih atas perhatian Ibu Menteri LHK Siti Nurbaya dan kegiatan ini sejalan dengan program kerja Pemko Pekanbaru di bidang lingkungan hidup. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, dan kami siap mendukung dalam upaya aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," kata Firdaus.

Sementara itu, Ketua RW 23 Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, H Azwar menyampaikan terima kasih atas program Tabulapot bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menjadikan wilayah tempat tinggalnya sebagai lokasi perdana Lorong Hijau Tabulapot.

"Ide sekaligus dukungan Ibu Menteri Siti ini Alhamdulillah disambut antusias warga. Insya Allah perumahan kami ke depan akan asri dan menjadi sentra tanaman buah di tengah wilayah padat penduduk. Ada banyak jenis tanaman buah yang ditanam seperti mangga, jambu, kelengkeng, durian, manggis, dan lainnya," ungkap Azwar.

Selain di Kecamatan Tuah Madani, gotong royong Tabulapot dalam waktu bersamaan juga digelar di Perumahan Gapura Bukit Barisan, RT 003 RW 011 Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Kulim. Warga terlihat antusias gotong royong untuk menghijaukan lingkungan perumahan mereka.

Tenaga Ahli Menteri LHK, Afni Zulkifli menjelaskan lorong hijau tabulapot menjadi kegiatan penghijauan bagi masyarakat di kawasan padat penduduk. Tidak memiliki lahan yang luas bukan berarti tidak bisa menanam pohon dan berkontribusi pada lingkungan.

"Kegiatan ini insya Allah akan terus berkelanjutan untuk wilayah padat penduduk lainnya agar lingkungan masyarakat perkotaan tetap sehat dan asri. Kami sangat berterima kasih atas  kerja kolaborasi banyak komunitas di tingkat tapak menjaga lingkungan. Menanam itu mudah. Yang sulit adalah merawat dan menjaga," pesannya.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X