Ingin Budidaya Jamur? Berikut Bibit Jamur Berkualitas

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:20 WIB
Jamur.
Jamur.

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Menurut International Mushroom Society For The Tropic jamur merupakan tanaman yang telah dikenal sejak berabad-abad lalu. Jamur telah dikenal masyarakat China sekitar 1.100 tahun lalu.

Jamur mulai masuk ke Indonesia pada saat Perang Dunia II berlangsung. Namun pembudidayaan jamur secar komersil mulai dilakukan pada 1970.

Bibit jamur yang baik tentu akan menghasilkan panen jamur dalam jumlah banyak dan berkualitas juga nantinya.

Untuk mendapatkan bibit jamur yang baik tidaklah mudah, berdasarkan International Mushroom Society For The Tropic, jamur yang berkualitas harus memiliki 5 ciri-ciri sebagai berikut:

Baca Juga: Pemain Serial Squid Game Bakal Jadi Bintang Tamu Tonight Show Pekan Depan

1. Pertumbuhan miselium jamur pada media tanam harus terlihat padat dan merata. Satu botol bibit jamur yang baik dapat digunakan untuk 50-70 buah media tanam.

2. Pertumbuhan miselium jamur tidak terkontaminasi. Kalaupun terkontaminasi, persentase tidak boleh melebihi dari 3%. Kontaminasi yang tingi dapat menghalang pertumbuhan jamur nantinya.

3. Memiliki nilai Biological Efficiency Ratio (BER) yang tinggi. Nilai BER mempengaruhi hasil dan kwalitas jamur.

4. Dapat disimpan selama 2 – 3 bulan di dalam ruangan dengan temperature 1 - 6®C.

5. Agar bibit terjaga kwalitasnya hingga ketangan konsumen, sebaiknya bibit yang sudah jadi diletakan dalam wadah khusu, terutama ketika dalam melakukan sebuah pengangkutan.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seekor Tapir Masuk Kolam Warga

Selasa, 20 April 2021 | 16:53 WIB
X