Macan Dahan di Rumah Kosong Warga Cubadak Pasaman, Macan apa Itu?

- Senin, 27 September 2021 | 21:53 WIB
Macan Dahan
Macan Dahan

HALUANRIAU.CO, PASAMAN - Seekor Macan Dahan ditemukan warga Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman berada di sebuah rumah kosong. Namun beruntung kondisi Macan Dahan tersebut terkurung dalam kerangkeng/peti.

"Betul ada penemuan satwa liar jenis Macan Dahan di Cubadak. Tim dari Polres Pasaman dan BKSDA sudah menuju lokasi," kata Kasatreskrim Polres Pasaman, Iptu Nofrizal saat dihubungi harianhaluan.com, Senin (27/9/2021).

Terpisah, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar), Ardi Andono menyatakan informasi awal hewan tersebut adalah jenis harimau sehingga tim BKSDA dan Polres langsung turun, akan tetapi setelah dicek ternyata Macan Dahan.

"Tim cukup banyak yang turun karena isunya Harimau. Kami berharap masyarakat mesti menjaga satwa dilindungi dan segera lapor ke petugas jika ada penemuan satwa liar," katanya.

Mungkin selama ini kita hanya mendengar nama Macan dahan, namun seperti apa sebenarnya Macan ini. Kenali ciri cirinya;

Macan dahan benua atau dalam nama ilmiahnya Neofelis nebulosa adalah sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 95 cm. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang telinga. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta ekor panjang dengan garis dan bintik hitam. Macan dahan betina serupa.

Macan dahan yang hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatra tidak lagi dianggap satu spesies dengan macan dahan benua sejak 2006 dan sekarang dimasukkan dalam spesies Neofelis diardi.

Macan dahan adalah hewan nokturnal yang aktif berburu di malam hari. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di antara pepohonan.

Mangsa macan dahan terdiri dari aneka satwa liar berbagai ukuran seperti kera, ular, mamalia kecil, burung, rusa dan bekantan. Macan dahan menggunakan lidahnya untuk membersihkan bulu-bulu sebelum memakan mangsanya.

Karena hilangnya habitat hutan, populasi yang terus menyusut dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk diambil bulunya, konsumsi, dan obat-obatan tradisional di beberapa negara, macan dahan dievaluasikan sebagai spesies yang rentan di dalam IUCN Red List. Spesies

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Wikipedia

Tags

Terkini

X