Lakukan ini, 7 Trik Jitu Menghadapi Sidang Skripsi

- Rabu, 21 September 2022 | 22:53 WIB
skripsi (Pixabay.com)
skripsi (Pixabay.com)


Sidang skripsi adalah ujian terbuka untuk mempertanggungjawabkan dan mempertahankan hasil penelitian Anda.Sidang skripsi adalah ujian terakhir setelah Anda menjalani beberapa tahun masa perkuliahan, dan menghabiskan beberapa bulan dalam tekanan untuk menyusun karya ilmiah atau skripsi.

Jadi, wajar saja kalau sidang skripsi selalu membuat banyak orang tegang dan cemas. Apalagi Anda harus menjelaskannya di hadapan dosen penguji yang pintar dan lebih berpengalaman.

Dalam sidang skripsi, Anda akan mempresentasikan karya ilmiah yang Anda buat atau disebut skripsi. Bagi Anda yang mengambil studi berjenjang strata 1, Anda wajib membuat skripsi di masa akhir perkuliahan. Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat berdasarkan penelitian lapangan dan kepustakaan.

Buat banyak mahasiswa, skripsi ibarat ujian kehidupan sesungguhnya. Mulai dari penentuan judul, penulisan bab demi bab, proses revisi, sampai mengatur jadwal bimbingan yang sangat menyita waktu dan pikiran. Maka, tak heran jika penulisan skripsi akhirnya selesai, dan sidang berlangsung mulus, Anda akan merasa luar biasa lega.

Bobot skripsi memang hanya 6 SKS atau satuan kredit semester. Namun, skripsi sangat menentukan kelulusan mahasiswa. Maka, tidak heran kalau banyak mahasiswa yang kuliah bertahun-tahun, tapi tidak kunjung lulus karena tidak bisa menyelesaikan skripsinya.

Nah, bagi Anda yang sudah berhasil menyelesaikan skripsi, dan akan menghadapi sidang skripsi, simak sejumlah tips persiapan menghadapi sidang berikut.

Baca Juga:Berasal dari 58 Negara, UIR Terima 136 Orang Program Pertukaran Mahasiswa

Penampilan rapi
Pastikan penampilan Anda rapi saat menghadapi sidang skripsi. Rapikan jaket almamater yang Anda kenakan, berikut kerah kemeja dan posisi dasi agar tidak miring. Sisir rambut agar terlihat rapi.

Kalau keringat Anda beraroma kurang sedap, atau pakaian Anda agak berbau, sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri, gunakan saja parfum. Kerapian penampilan, termasuk percaya diri, menggambarkan kesiapan Anda.

Siapkan materi presentasi
Tidak perlu mencantumkan semua isi skripsi dalam materi presentasi. Cukup poin pentingnya saja. “Pelajari deh cara mendiang Steve Jobs melakukan presentasi,” ujar Rocky memberi rekomendasi.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Studiilmu.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Hemat Uang Ala Anak Kost

Rabu, 21 September 2022 | 23:37 WIB

Lakukan ini, 7 Trik Jitu Menghadapi Sidang Skripsi

Rabu, 21 September 2022 | 22:53 WIB

Mendunia! 5 Makanan Khas Indonesia Salah Satunya Rawon

Selasa, 20 September 2022 | 23:08 WIB

Lakukan ini! 5 Peluang Bisnis Kecantikan untuk Wanita

Selasa, 13 September 2022 | 23:05 WIB

Jangan Khawatir, 9 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Minggu, 11 September 2022 | 07:07 WIB
X