Wajib Tahu! 10 Cara Merawat Kaki Orang dengan Diabetes

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:24 WIB
Cara Merawat Kaki Diabetes (Pixabay.com)
Cara Merawat Kaki Diabetes (Pixabay.com)


Orang dengan diabetes lebih mungkin mengalami berbagai macam masalah kulit. Alasannya, glukosa darah tinggi pada pasien diabetes dikaitkan dengan sirkulasi yang buruk, yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke kulit.

Ini juga memicu kerusakan pada pembuluh darah dan saraf. Dalam menghadapi peningkatan gula darah, kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi juga menurun.


Semua kondisi ini dapat menyebabkan perubahan pada kolagen kulit yang kemudian mengubah tekstur, penampilan, dan kemampuan kulit untuk sembuh dari berbagai masalah. Kerusakan sel kulit juga bisa mengganggu kemampuan orang dengan diabetes untuk berkeringat. 

Selain itu, orang dengan diabetes juga rentan mengalami neuropati diabetik yang ditandai dengan penurunan sensasi. Akibatnya, saat terdapat luka pada kulit, kamu mungkin tidak menyadarinya sehingga luput dari perhatian.

Mari, kita bahas bersama-sama, apa saja yang perlu dilakukan oleh orang dengan diabetes untuk merawat kulit.

 Baca juga:Gula Darah Anda Naik? Simak 8 Penyebabnya

1. Tetap teredukasi
Salah satu kunci untuk mencegah masalah kulit adalah memahami apa penyebabnya. Karenanya, penting bagi orang dengan diabetes untuk aktif bertanya pada dokter. Pelajari tentang komplikasinya, risiko khusus, dan bagaimana kamu dapat menurunkannya.

2. Kendalikan diabetes
Penting bagi penyintas diabetes untuk mempertahankan gula darah dalam kisaran normal. Beberapa cara yang penting dilakukan untuk mengendalikan diabetes adalah:
 
3. Waspadai kerusakan saraf
Jika kamu memiliki kerusakan saraf diabetes atau yang disebut neuropati, kamu mungkin tidak akan sadar jika mengalami luka, goresan, atau tusukan kulit yang terinfeksi. Masalah kecil yang tidak ditangani ini selanjutnya bisa menjadi besar.

Jadi, penting untuk mengenal tubuh. Periksa kaki, pergelangan kaki, telapak kaki, dan sela-sela jari kaki setiap hari untuk mencari luka baru atau lama yang sepertinya tidak pernah sembuh.
 
4. Mengobati luka
Jangan pernah mengabaikan luka, sekecil apa pun. Jika kamu menemukan goresan, luka kecil, atau apa pun yang tidak kunjung sembuh, segera bicarakan dengan dokter.

Nantinya, dokter akan membantu mengatasinya atau memberikan saran seputar apa yang perlu kamu lakukan.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Hemat Uang Ala Anak Kost

Rabu, 21 September 2022 | 23:37 WIB

Lakukan ini, 7 Trik Jitu Menghadapi Sidang Skripsi

Rabu, 21 September 2022 | 22:53 WIB

Mendunia! 5 Makanan Khas Indonesia Salah Satunya Rawon

Selasa, 20 September 2022 | 23:08 WIB

Lakukan ini! 5 Peluang Bisnis Kecantikan untuk Wanita

Selasa, 13 September 2022 | 23:05 WIB

Jangan Khawatir, 9 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Minggu, 11 September 2022 | 07:07 WIB
X